Selasa | 24 September 2019 |
×

Pencarian

KUANSING

Gunakan Dana Desa, Kades Koto Gunung Bangun Infrastruktur

Selasa | 06 Agustus 2019 | 10:00

MEDIAKEPRI.CO.ID, Taluk kuantan – Kepala Desa (Kades) Koto Gunung, Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuansing, Sudianto terus membangun infrastruktur melalui Dana Desa (DD).

Program kerja yang dilaksanakan ini untuk memudahkan masyarakat dalam beraktivitas serta mendorong terjadinya peningkatan di bidang ekonomi.

Sudianto mengatakan dari tahun 2018 dan sampai dengan 2019 ini, realisasi pembangunan menggunakan dana desa membangun jalan sepanjang 693 meter, tembok penahan tanah 63 meter, serta gedung Paud berikut pagarnya.

“Alhamdulillah dari tahun 2018 sampai saat ini, masyarakat sudah bisa menikmati hasilnya, sekarang petani dengan mudah membawa hasil penen nya, anak anak sudah bisa bersekolah di desa sendiri.” katanya ke media di kediamannya, Sabtu, 3 Agustus 2019.

Selain pembangunan infrastruktur ia juga menjelaskan, dana desa juga cukup membantu masyarakat di desanya dengan pembukaan peluang usaha masyarakat kecil, melalui pemberdayaan kepada masyakat untuk pelatihan kerajinan tangan membatik yang berdampak pada peningkatan ekonomi desanya.

“Semoga dengan dana desa yang semakin meningkat, bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan saya berharap agar dana desa bisa terus menjadi prioritas pemerintah dalam rangka mengurangi angka kemiskinan,” harapan sudianto.

Disebutkannya, tahun 2019 ini Pemdes Koto Gunung mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat untuk pembangunan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) dengan pagu anggaran senilai Rp800 juta.

Pembangunan Pamsimas ini merupakan dambahan masyarakat yang sangat dibutuhkan. Pasalnya, selama ini untuk kebutuhan air sehari-hari warga hanya mengandalkan sumber mata air dari sumur yang kalau musim kemarau sering dilanda kekeringan.

“Bantuan pembangunan Pamsimas dari pemerintah pusat ini akan dimulai pengerjaannya Agustus, dan diperkirakan akhir 2019 ini sudah selesai.” singkat Sudianto. (depriandi)

Editor :