Sabtu | 16 Januari 2021 |
×

Pencarian

PERISTIWA

Moment-moment Penting di Tahun Pertama Kehidupan Bayi

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Dalam banyak hal, tahun pertama bayi menjadi penting dan berharga. Orang tua dan keluarga yang bersemangat selalu memiliki kamera untuk mengabadikan momen saat mereka pertama kali memutar kepala, duduk sendiri untuk pertama kali atau hanya belajar bertepuk tangan.

Tahun pertama juga penting karena menandai banyak tanda perkembangan dalam kehidupan bayi. Meskipun ada banyak momen untuk dihitung, seperti dilansir Times of India, ada momen yang paling penting:

Loading...

1.Ketika mereka mulai membaca bibir atau celoteh

Sebelum bayi mulai bergumam atau sedikit mengoceh, bayi mulai membaca bibir sekitar 6 bulan. Sekitar waktu ini, otak kecil mereka mencoba memahami suara ucapan yang Anda buat di depan mereka dan mencoba meniru hal yang sama. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa bayi dapat membaca bibir bahkan sebelum mereka belajar berbicara!

2.Saat tidur sepanjang malam

Sulit bagi orang tua baru untuk tidur nyenyak di tahun pertama. Tapi, ketika bayi Anda tidur sepanjang malam untuk pertama kalinya, rasanya seperti berkah. Ini akan terjadi sekitar patokan 4 bulan, ketika bayi akan bisa tidur selama 6-8 jam tanpa peregangan.

Loading...

3.Tersenyum

Melihat bayi tersenyum atau bahkan melihatnya sekilas bisa membuat bahagia. Biasanya, antara 2 dan 3 bulan, bayi mengeluarkan senyum pertama mereka. Anda juga dapat melihat mereka tersenyum sedikit di bulan pertama, tetapi biasanya itu adalah senyum refleks yang terjadi secara acak.

4.Melambai

Dengan sedikit bantuan dan bimbingan dari Anda, bayi Anda dapat mulai melambai sekitar usia 8-9 bulan. Mengayunkan atau mengangkat tangannya sendiri juga merupakan tanda keterampilan motorik yang baik, jadi Anda harus merayakan ini.

5.Mulai berjalan

Sama seperti saat bayi menyadari bahwa mereka mampu mengangkat kepala atau berdiri sendiri, bayi juga mencoba berjalan-jalan dengan sedikit dukungan pada usia sekitar 9-12 bulan. Dorong mereka untuk bergerak dengan bermain bersama di lantai, memanggil ke arah Anda. Dengan sedikit latihan, mereka akan mampu menguasai seni berjalan! (***)

sumber : sindonews.com

Loading...
Loading...