Selasa | 15 Oktober 2019 |
×

Pencarian

TANJUNG PINANG

Tanpa Harus Membayar Boarding Pass, Ada Calon Penumpang Bebas Masuk Pelabuhan SBP

Jumat | 02 Agustus 2019 | 13:51

MEDIAKEPRI.CO.ID, Tanjungpinang – Ada yang janggal ketika kita baru memasuki pelabuhan domestik Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang. Hal tersebut terpantau awak redaksi mediakepri.co.id, Jumat, 2 Agustus 2019 pagi.

Pasalnya ada beberapa oknum petugas penjaga pintu masuk di pelabuhan yang memperbolehkan calon penumpang memasuki pelabuhan melalui pintu samping tanpa harus membayar boarding pass terlebih dahulu dan tanpa melalui pemeriksaan barang-barang bawaan.

Bermaksud ingin mengantarkan surat untuk dititipkan kepada Anak Buah Kapal (ABK) feri tujuan Kepulauan Anambas, tim awak redaksi mediakepri.co.id harus terlebih dahulu mengeluarkan uang sebesar Rp 10 ribu untuk membayar pass masuk pelabuhan.

Sementara, dilokasi yang sama terlihat juga beberapa calon penumpang yang akan menggunakan moda transportasi laut melalui pelabuhan SBP, melenggang bebas masuk melewati petugas penjaga tanpa harus membayar pass pelabuhan.

Sangat disayangkan perilaku petugas tersebut. Sesuai PP nomor 6 tahun 2009 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), pemasukan yang berasal dari boarding pass pelabuhan dipergunakan untuk membangun fasilitas-fasilitas di pelabuhan.

Kejadian tersebut sangat bertolak belakang dengan semangat dan cita-cita manajemen pengelola pelabuhan, yang menginginkan pelabuhan SBP menjadi lebih baik lagi dan bebas dari pungli.

Awak redaksi mediakepri.co.id coba mempertanyakan hal tersebut kepada petugas. Tim diarahkan untuk menanyakan langsung ke kantor Pelindo yang berlokasi di pelabuhan Kijang, Bintan.

Selanjutnya awak redaksi langsung bergegas menuju ke pelabuhan Kijang, Bintan. Namun, ketika tim awak redaksi sampai di kantor Pelindo Kijang, pimpinan Pelindo tidak berada di tempat.

Sang petugas keamanan melarang tidak memperbolehkan masuk, dengan alasan belum ada konfirmasi ke pimpinan. (sal)

Editor :