Minggu | 17 Januari 2021 |
×

Pencarian

BAKTI TNI-Polri

TNI Kodim Demak Sukses Pelopori Bank Sampah di Desa Sasaran TMMD

MEDIAKEPRI.CO.ID, Demak – Sejumlah anggota Satgas TMMD Reguler ke-105 Kodim 0716/Demak, sukses pelopori program Bank Sampah di sebuah lingkungan RT, yakni RT 03/RW 04, Desa Kalikondang, Kecamatan Demak Kota.

Menurut Serda Bajuri, salah seorang anggota Satgas TMMD Kalikondang, ide untuk mempelopori warga dirikan bank sampah itu, berawal dari sebagian masyarakat yang kurang peduli dengan lingkungan di sekitarnya. Misalnya buang sampah sembarangan, dan tanpa disadari hal itu dapat menimbulkan pencemaran, bencana dan merusak kelestarian alam serta ekosistem.

Loading...

Dengan kepeloporan itu, kini ibu-ibu lingkungan RT 03/RW 04, Desa Kalikondang, telah mengelola sampah dengan baik. Sampah kering (anorganik) contoh kertas, plastik, besi dan lain-lain ditempatkan di tempat tersendiri.

Demikian juga untuk sampah basah (organik) seperti daun dan rumput juga ditempatkan di tempat tersendiri. Sampah yang sudah dipilah terebut disetorkan ke bank sampah. Dan, hasil setoran sampah terpilah dari warga dicatat dan setelah di timbang beratnya sesuai jenis sampah bisa menghasilkan uang untuk mengelola kebersihan lingkungan. (pendim 0716/demak)

Loading...
Loading...