Kamis | 21 Januari 2021 |
×

Pencarian

PERISTIWA

AS Pikir-Pikir Beri Bantuan ke Kepulauan Solomon

MEDIAKEPRI.CO.ID, Washington – Amerika Serikat akan mempertimbangkan kembali bantuannya ke Kepulauan Solomon usai negara di Pasifik itu memutuskan hubungan dengan Taiwan dan mengakui China minggu ini. Hal itu diungkapkan seorang pejabat senior di Badan Pembangunan Internasional AS (USAID).

Kepulauan Solomon merupakan negara keenam yang beralih kesetiaan ke China sejak Presiden Tsai Ing-wen naik di Taiwan pada 2016. Kebijakan tersebut membuat Taipei hanya memiliki hubungan formal dengan 16 negara, banyak di antara mereka adalah negara-negara kecil dan kurang berkembang di Amerika Tengah dan Pasifik.

Loading...

“Kami sedang menilai kembali bantuan kami kepada Solomon Pulau pada titik ini,” kata penjabat asisten administrator biro USAID Asia, Gloria Steele, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (19 September 2019).

Steele membeberkan hal itu ketika ditanya pada dengar pendapat anggaran di Komite Perwakilan Luar Negeri DPR tentang apakah dana akan diarahkan ke Kepulauan Solomon pada tahun fiskal 2020.

Steele tak menjabarkan jawabannya, dan USAID tidak segera mengomentari permintaan memberikan penjelasan tentang bantuan AS saat ini untuk Solomon.

Diketahui, pejabat senior AS lainnya menjelaskan, Wakil Presiden Mike Pence telah menolak untuk bertemu dengan pemimpin Kepulauan Solomon untuk membahas kemitraan pembangunan usai negara itu memutuskan hubungan dengan Taiwan. Perdana Menteri Solomon Manasseh Sogavare meminta Pence pada bulan Juli untuk mengadakan pertemuan, yang akan berlangsung di sela-sela pertemuan Majelis Umum PBB di New York minggu depan, atau sesudahnya di Washington.

Loading...

“Tetapi keputusan Kepulauan Solomon untuk mengubah pengakuan diplomatiknya dari Taiwan ke Republik Rakyat China memiliki konsekuensi. Mereka menyakiti hubungan yang kuat secara historis dengan melakukan ini,” kata pejabat senior AS itu. (***)

sumber : wartaekonomi.co.id

Loading...
Loading...