Kamis | 24 Oktober 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku tuk Bupati dan Wakil Bupati Anambas

ANAMBAS

Desa Serat Jalankan Program Rembuk Stunting, Antika: Cetak Generasi Emas 2035

Senin | 30 September 2019 | 18:04

MEDIAKEPRI.CO.ID, Anambas – Pemerintahan Desa Serat, Kecamatan Siantan Timur rembuk stunting di Ruang Rapat Kantor Desa, Senin, 30 September 2019.

Kegiatan dibuka Kepala Desa Serat, Antika. Tampak hadir Ketua BPD, Perangkat Desa, Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM), perwakilan lembaga dsa dan tokoh masyarakat Desa Serat.

Antika mengatakan, sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat lebih memahami dan peduli terhadap pentingnya penanganan pencegahan stunting.

Dimana stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan kurangnya asupan gizi dalam waktu lama,umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun.

Program rembuk stunting sendiri merupakan program nasional dan sinkronisasi dengan pelayanan sosial dasar ( PSD) Pemerintahan Desa.

“Adapun tujuan dari program ini, untuk mencetak generasi emas di tahun 2035 yang akan datang,” katanya.

Fasilitator Desa Tingkat Kecamatan Siantan Timur, Julmasa Ritonga menjelaskan stunting adalah suatu kondisi yang ditandai ketika panjang atau tinggi badan anak kurang jika dibandingkan dengan umur. 

“Atau mudahnya, stunting adalah gangguan pertumbuhan pada anak sehingga menyebabkan tubuhnya lebih kerdil,” katanya menjelaskan.

Lebih jauh dikatakannya, cara pertama yang bisa dilakukan untuk anak dengan tinggi badan di bawah normal, yakni dengan memberikannya pola asuh yang tepat.

Dalam hal ini, tambahnya, meliputi inisiasi menyusui dini (IMD), pemberian ASI Eksklusif sampai usia 6 bulan, serta pemberian ASI bersama dengan MP-ASI sampai anak berusia 2 tahun. (rofy)

Editor :