Senin | 18 November 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku untuk Pilkada Batam

BATAM

Desain Kota Mendekati Singapura, Amsakar Paparkan Inovasi Pemko Batam ke Tim RKCI

Jumat | 27 September 2019 | 12:44

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad memaparkan potensi dan inovasi yang tengah dilakukan oleh Pemerintah Kota Batam kepada tim Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI). Tim verifikasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) ini datang ke Kantor Walikota Batam, Kamis, 26 September 2019.

“Batam memang kita desain untuk menjadi kota mendekati Singapura, setara dengan Johor. Karena kami berada di beranda terdepan Indonesia bagian barat,” kata Amsakar.

Loading...

Menurutnya ada lima fokus Pemko di bawah kepemimpinan Muhammad Rudi-Amsakar Achmad dalam membangun Batam. Yakni pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi, investasi untuk peningkatan ekonomi, sumber daya manusia.

“Dan smart city, kota cerdas ini menjadi salah satu fokus pembangunan Batam,” ujarnya.

Pembangunan infrastruktur sekarang ini, kata Amsakar, berbeda dari sebelum-sebelumnya. Karena sudah mengacu standar internasional. Misal Pemko Batam memikirkan bagaimana jalan yang dibangun bisa tahan dalam jangan waktu yang cukup lama.

Kemudian jalan di Kota Batam dulunya rata-rata satu jalur terdiri dari dua lajur. Kini dilebarkan menjadi tiap jalur memiliki lima hingga enam lajur. Jalan juga dilengkapi dengan akses bagi pejalan kaki dan taman.

Loading...

“Dengan APBD yang tidak sebesar kota lain, kami menggali potensi CSR (tanggung jawab sosial perusahaan) dari mitra yang dikelola pihak terkait untuk membangun taman-taman. Dari dana APBD juga kami membangun Masjid Sultan yang baru diresmikan,” ucapnya.

Infrastruktur lain yang dibangun Pemko Batam melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air adalah tujuh titik drainase di tahun 2019. Drainase ini salah satu jalan yang diambil untuk menuntaskan persoalan banjir di Kota Batam.

Sejak tahun 2016 lalu, Pemko Batam juga sudah menjalankan program percepatan infrastruktur kelurahan (PIK). Anggaran meningkat setiap tahunnya. Dan di tahun 2019 dianggarkan Rp1,3 miliar untuk tiap kelurahan ditambah Rp350 juta dana kelurahan dari pusat.

Pemeringkatan kota cerdas ini merupakan penghargaan yang ditaja ITB bersama Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). Gelaran dwi tahunan tersebut bertujuan untuk memetakan kesiapan kota-kota di Indonesia menjadi kota cerdas berdasarkan potensi dan karakter masing-masing.

Tahun 2017 Batam sudah meraih penghargaan RKCI untuk 10 kategori. Amsakar menargetkan bisa mendapat seluruh penghargaan dari 13 kategori penilaian. (mcb)

Editor :

Loading...
Loading...

Sorry. No data so far.