Rabu | 27 Januari 2021 |
×

Pencarian

PERISTIWA

Gabungan Mahasiswa di Ciamis Menggelar Mimbar Bebas dan Doa Bersama

MEDIAKEPRI.CO.ID, Ciamis – Gabungan Mahasiswa se Kebupaten Ciamis menggelar mimbar bebas dan doa bersama, dengan tema ‘merawat demokrasi, membangun independensi’ di Kawasan Alun-alun Kamis (26 September 2019).

Aksi yang dilakukan gabungan mahasiswa dari BEM Unigal, IAID, STAI, HMI dan PMI ini sebagai bentuk keprihatinan atas situasi yang terjadi saat ini. Karena kondisi ibu pertiwi sedang tidak baik.

Loading...

Ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Ciamis berkumpul di Kawasan Alun-Alun Ciamis. Satu per satu mahasiswa menyampaikan orasi, membacakan puisi dan menyanyikan lagu ibu pertiwi. Aksi ini mendapat pengawalan dari petugas kepolisian. Diakhiri dengan doa bersama untuk kesembuhan negeri ini.

Aksi ini dihadiri juga oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso dan Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio. Kemudian ketiganya bersama Polwan membagi-bagikan air mineral gelas kepada para mahasiswa akibat cuaca sangat terik dan panas.

Korlap Aksi Jejen Zainal Muttain menuturkan, saat ini ibu pertiwi sedang tidak baik, demonstrasi dimana-mana dengan segala tuntutannya dari kalangan mahasiswa, buruh, tani bahkan pelajar.

“Dari mulai kericuhan hingga perusakan fasilitas umum, dari mulai asap, hingga RUU KUHP, dan lain sebagainya,” ucapnya.

Loading...

Melalui kegiatan mimbar bebas dan doa bersama ini lanjut dia, pihaknya menyatakan sikap dan harapannya, pertama meminta para penegak hukum di Indonesia untuk tidak melakukan tindakan refresif dan mengutuk keras atas tindakan refresif yang terjadi.

“Kami mengajak kepada kawan-kawan aktivis dimana pun untuk berunjukrasa dengan kondusif dan tertib. Terus menjaga independensi mahasiswa dan nalar kritisnya. Menyesalkan atas tindakan anarkis yang terjadi,” terangnya.

Mengimbau kepada masyarakat untuk mendoakan para mahasiswa yang terlibat demonstrasi, supaya tetap diberikan kesehatan dan keselamatan.

“Kami menyatakan duka cita yang sedalam-dalamnya atas apa yang terjadi pada negeri ini. Kami menyatakan rasa syukur atas penundaan RUU yang semula akan di sah kan. Kami bersyukur atas mahasiswa ciamis yang berangkat ke Jakarta telah kembali dengan selamat,” paparnya.

Aksi mimbar bebas dan doa bersama berjalan damai, aman dan tertib. Usai doa bersama para mahasiswa mengumpulkan sampah bekas air mineral yang berserakan setelah aksi dan membubarkan diri. (***)

sumber : galamedianews.com

Loading...
Loading...