Kamis | 19 September 2019 |
×

Pencarian

BATAM

IT mediakepri.co.id Beri Pelatihan ke Siswa SMK Real Informatika

Kamis | 12 September 2019 | 19:24

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Keseriusan sekolah SMK Real Informatika Batam untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) baik siswa maupun guru tak diragukan lagi. Terbukti, pihak sekolah SMK Real sengaja mengundang tim IT dari mediakepri.co.id, untuk dapat memberikan pelatihan mengenai jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) ke siswa-siswinya.

Kegiatan dilaksanakan di sekolah SMK Real Informatika Batam, yang beralamat di Komplek Prima Sejati Blok A Nomor 5-9 Batam Center, Kamis, 12 September 2019 siang.

Sebanyak 22 orang siswa-siswi SMK Real mengikuti kegiatan ini. Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan HUT mediakepri.co.id ke-2, yang jatuh pada tanggal 9 September 2019 lalu.

Tim IT mediakepri.co.id, Andika Rekatias

Dalam paparannya, IT mediakepri.co.id, Andika Rekatias mengatakan, pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia belum diimbangi dengan kesiapan Sumber Daya Manusianya. Hal tersebut dikarenakan minimnya lulusan SMK yang menjadi tenaga kerja IT yang ahli, berkualitas dan memiliki daya saing.

“Minimnya lulusan SMK yang bekerja menjadi tenaga kerja IT di tanah air. Padahal, lapangan pekerjaan di industri ini sangat besar sekali,” ujar lelaki yang akrab disapa Dika ini.

Dika menjelaskan, dewasa ini semua perangkat yang ada sangat berkaitan dengan internet. Dan sekaligus menunjukkan bahwa kemajuan teknologi terus berpacu seiring perkembangan zaman, atau yang lebih dikenal dengan istilah Revolusi industri 4.0.

“Indonesia akan membutuhkan semakin banyak talenta digital yang bisa menguasai teknologi informasi. Saya percaya anak-anak SMK ini punya potensi yang besar jika terjun ke industri ini,” ucap mahasiswa Universitas Islam Yogyakarta ini.

Lanjutnya, selain untuk mendorong pemenuhan kebutuhan tenaga kerja di industri 4.0, lulusan SMK ini juga diharapkan turut mendorong terbentuknya ekosistem industri digital yang semakin matang di Indonesia.

“Dengan kualitas talenta digital yang semakin baik maka penyerapan tenaga kerja ke industri ini diharapkan bisa semakin cepat,” imbuhnya

Ditempat yang sama, guru yang mengajar jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Parulian Simbolon mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim mediakepri.co.id yang telah memberikan pelatihan ini.

Dikatakannya, Pelatihan ini sangat dibutuhkan sekali bagi siswa-siswi SMK Real, karena dengan adanya kegiatan ini memberikan semangat kepada siswa untuk membuka cara berpikirnya, bahwasannya kesempatan kerja di industri teknologi informasi ini sangat besar peluangnya.

“Saya mewakili pihak sekolah, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim mediakepri.co.id yang telah membuat kegiatan ini. Semoga dengan adanya kegiatan ini akan menumbuhkan semangat belajar bagi siswa, untuk menangkap peluang kerja dimasa yang akan datang,” tuturnya.

Sementara itu salah seorang perwakilan siswa, Muhammad Maulana Abillal mengatakan, sangat senang sekali dengan adanya pelatihan ini. Dia berharap kegiatan ini bisa terus diadakan setiap tahunnya.

“Sangat menarik, karena ada pengalaman baru yang didapat. Semoga kegiatan ini bisa terus diadakan setiap tahunnya,” tutupnya. (sal)

Editor :