Rabu | 27 Januari 2021 |
×

Pencarian

PERISTIWA

KPK Gelar Road Show Di Kota Solo

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Perwakilan pemerintah daerah se Prov. Jateng menandatangani piagam “Implementasi Pendidikan Anti Korupsi” dalam kegiatan “Road Show Bus KPK 2019”

MENJELANG berakhirnya masa tugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tinggal beberapa bulan lagi, lembaga anti rasuah itu melakukan jelajah negeri berkendaraan bus dalam program “Road Show Bus KPK 2019”. Selama tiga hari dari 27-29 September 2019, KPK menggelar road show bertema “Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi” tersebut bagi warga Kota Solo di halaman Balai Kota.

Loading...

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, seusai pembukaan “Road Show Bus KPK 2019” di Pendapi Gedhe Balai Kota Solo, Jumat (27 September 2019), menjelaskan kegiatan tersebut untuk mengenalkan KPK kepada masyarakat di daerah. KPK menempuh upaya pendekatan ke masyarakat, sekaligus memberikan pelayanan aduan dan pendidikan tentang seluk beluk tindak pidana korupsi.

“Kita ingin mengenalkan KPK kepada masyarakat di berbagai daerah agar mengetahui lebih dekat tentang KPK. Selain itu, kegiatan ini juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang tindakan pidana korupsi,” katanya.

Alex mengungkapkan, armada bus yang digunakan KPK untuk sosialisasi dan edukasi masyarakat tersebut, di dalamnya terdapat 10 komputer dengan berbagai konten program pencegahan tindak pidana korupsi. Di antara konten program adalah berupa game untuk anak anak, serta modul pendidikan dari tingkat sekolah hingga perguruan tinggi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang antisipasi terhadap tindak pidana korupsi.

Para pengunjung bus KPK, menurut Wakil Ketua KPK itu, bebas mengakses komputer bahkan diizinkan meng-copy modul-modul yang memuat pencegahan tindak pidana korupsi. Di dalam bus itu, petugas KPK juga melayani pengaduan masyarakat tentang tindak pidana korupsi yang terjadi di daerah.

Loading...

“Melalui road show kita ingin menghadirkan KPK di daerah-daerah. Jangan sampai masyarakat hanya mengenal KPK lewat televisi, tapi kita ingin menghadirkan KPK dengan segala kegiatannya yang kita bawa melalui bis KPK. Laporan dari masyarakat pun kita fasilitasi, misalnya soal gratifikasi, LHKPN dan sebagainya,” jelasnya.

Alexander Marwata menambahkan, dalam menilai efektivitas kegiatan road show tersebut pihaknya bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS). Seusai kegiatan road show, BPS akan mengukur perkembangan tingkat integritas pelayan publik.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang hadir menyatakan, kegiatan lembaga anti rasuah itu penting bagi pendidikan anti korupsi. Dia akan mendukung dengan terus mendorong masyarakat untuk meningkatkan kesadaran tentang pencegahan tindak pidana korupsi. Dalam pembukaan road show, sebanyak 35 perwakilan pemerintah daerah se Provinsi Jawa Tengah menandatangani piagam “Implementasi Pendidikan Anti Korupsi” yang disaksikan Gubernur Ganjar Pranowo dan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. (***)

sumber : galamedianews.com

Loading...
Loading...