Kamis | 19 September 2019 |
×

Pencarian

ANAMBAS

Maraknya Tukang Batu, Ancam Bencana Longsor di Anambas

Kamis | 12 September 2019 | 8:15

MEDIAKEPRI.CO.ID, Anambas – Kondisi daerah Bebatuan yang di miliki kabupaten kepulauan anambas menjadi daya tarik bagi pemecah Batu dari daerah Luar untuk mencari nafkah di Anambas.

Ditambah pula banyaknya pembangunan yang menggunakan batu sebagai dasar pembangunan. Batu mereng menjadi alasan yang kuat bagi si tukang pemecah batu untuk incar Kabupaten Kepulauan Anambas.

Sahrul Gunawan seorang warga Pesisir Timur menyayangkan tentang aktivitas pemacah batu ini. Batu merupakan salah satu pondasi penahan sutruktur tanah, jika mereka memecah batu dekat dengan badan Jalan suatu hari tanah akan rawan dengan bahaya longsor.

“Setahu saya, selama ini belum pernah ada pembibitan batu. Lain halnya penebangan kayu. Butuh perhatian yang serius, jika hal ini terus dibiarkan, maka Anambas kedepan akan terjadi bencana lagi,” katanya kepada mediakepri.co.id.

Lebih jauh dikatakannya, tak bermaksud untuk melarang seseorang untuk mencari rejeki, tapi harusnya diperhatikan lokasi batunya. Saat ini, banyak yang mengincar lokasi untuk dipecah yang dekat dengan badan jalan agar mudah dimuat ke lori.

Ia juga menambah semoga pemerintah setempat segera memberi teguran kepada pemilik lokasi.

Diimbaunya, carilah lokasi yang agak jauh untuk dipecah. Jangan karena ingin mudah, katanya, lalu Anambas semakin parah.

“Di tempat lain masih banyak Batu. Tak mesti dekat dengan jalan. harusnya kita lebih peduli terhadap lingkungan sekitar,” katanya. (rofy)

Editor :