Kamis | 24 Oktober 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku tuk Bupati dan Wakil Bupati Anambas

ANAMBAS

Masyarakat Rindukan Keberadaan Tim Nusantara Sehat yang Menekan Angka Penyakit di Anambas

Selasa | 24 September 2019 | 18:09

MEDIAKEPRI.CO.ID, Anambas – Tim Nusantara Sehat yang merupakan bantuan Kementrian Kesehatan untuk daerah terpencil ternyata sangat bermanfaat. Kehadiran mereka sangat membantu masyarakat khususnya di kecamatan Siantan Tengah dan Siantan Timur.

Mantan Camat Siantan Tengah yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Satpol PP, Herry Fakhrizal mengatakan, pihaknya akhirnya melepas keberangkatan Tim Sehat Nusantara karena masa tugas mereka sudah usai.

“Tim Nusantara Sehat sangat membantu bagi kami masyarakat Siantan Tengah. Mereka disana setelah kita usulkan karena saat itu memjabat sebagai Camat Siantan Tengah dan kementerian Kesehatan merespon dengan baik,” kata Herry kepada sejumlah wartawan, Selasa(24/9).

Herry juga menambahkan, sesuai dengan kebutuhan, masyarakat disana sangat berharap jika ada program lain dari Kementerian Kesehatan.

Sebab kehadiran program Nusantara Sehat yang telah berjalan sangat menekan angka penyakit ditengah masyarakat. Tim Nusantara Sehat juga sering sosialisasikan kepada masyarakat untuk hidup sehat yang dimulai dengan pola makanan sehat.

“Kehadiran mereka sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan adanya program ini, masyarakat semakin paham akan pola hidup sehat karena mereka langsung sosialisasi kerumah- rumah warga,” ujarnya.

Kegiatan mereka selain sosialisasi juga memberikan penyuluhan dan pendataan penyakit yang diderita oleh masyarakat. Atas peran serta Tim Nusantara Sehat masyarakat Siantan Tengah sangat respon dan mau melaksanakan apa yang disampaikan oleh mereka.

“Masyarakat Siantan Tengah saat ini semakin sadar akan pentingnya kesehatan, hal itu terbukti dengan menurunnya angka rawat inap dari Siantan Tengah di RSUD Tarempa maupun yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP),” ujarnya.

Sementara salahsatu warga Siantan Tengah, Mia mengaku kehadiran Tim Nusantara Sehat sangat membantu masyarakat terutama dirinya dan keluarga. Dalam melaksanakan tugas Tim Nusantara Sehat juga sudah dianggap sebagai keluarga sendiri karena mereka baik dan ramah.

“Kedepan kami juga mengharapkan ada lagi yang menggantikan mereka datang kesini. Selama ini kami sangat terbantu, selain kami semakin paham menjaga pola hidup sehat, banyak hal yang diajarkan mereka kepada kami,” ujarnya. (r/rofy)

Editor :