Senin | 18 November 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku untuk Pilkada Batam

BATAM

Optimalkan Gerakan Pramuka di Sekolah, Kwarcab Batam Gelar Seminar Mabigus

Kamis | 26 September 2019 | 22:15

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Untuk meningkatkan peran pembinaan Pramuka di sekolah-sekolah, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Batam menggelar seminar Orientasi Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) tahun 2019.

Kegiatan dilaksanakan di Ballroom Lantai 3, Hotel Vista Batam, Kamis, 26 September 2019 siang. Dalam seminar tersebut sebanyak lebih kurang 200 an peserta yang terdiri dari kepala sekolah mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTS dan SMA/SMK/MA se Kota Batam, hadir pada kegiatan tersebut.

Loading...

Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin mengatakan tujuan dari diselenggarakannya seminar ini ialah untuk memberikan pemahaman kepada para kepala sekolah tentang peran dan tanggungjawabnya sebagai Mabigus, dalam mengaktifkan kegiatan pramuka di sekolahnya masing-masing.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini, untuk memberikan pemahaman kepada kepala sekolah tentang peran dan tanggungjawabnya sebagai Mabigus,” ujar Jefridin yang juga sebagai Sekretaris Daerah Kota Batam kepada mediakepri.co.id disela acara.

Lanjutnya, dalam seminar kali ini, beberapa materi penting disampaikan oleh narasumber yang berkompenten di bidangnya, diantaranya terkait implementasi Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

“Masih banyak kepala sekolah yang belum memahami regulasi ini,” imbuhnya.

Loading...

Lebih lanjut Jefriden menjelaskan, Pramuka merupakan salah satu mata pelajaran ekstrakurikuler yang harus diikuti oleh siswa, oleh karena itu kepala sekolah harus memahami secara keseluruhan tentang kepramukaan agar program pramuka itu bisa terlaksana dengan baik dan benar.

Sesuai dengan Undang-Undang tentang Kepramukaan, yaitu gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

“Sekolah itu wajib hukumnya untuk melakukan program kepramukaan, jangan hanya sekedar memakai baju pramuka saja, karena UU nya sudah ada dan jelas,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Mabigus tahun 2019, Hernowo mengatakan seminar orientasi ini akan ditutup oleh pemateri yang didatangkan khusus dari pusat yakni Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Nasional, Prof. Dr. Suyatno M.Pd yang juga sebagai dosen di Universitas Negeri Surabaya.

Orientasi Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad dan di hadiri oleh Ketua Harian Kwartir Cabang Kota Batam, sekaligus Sekda Kota Batam, Jefridin, Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Nasional, Prof. Dr. Suyatno M.Pd yang juga sebagai dosen di Universitas Negeri Surabaya, Kepala Pusat pendidikan dan Pelatihan Kwarcab Kota Batam, Kak Asmili serta Sekretaris Kwarda Provinsi Kepri, kak Eko Sumbariyad. (sal)

Editor :

Loading...
Loading...

Sorry. No data so far.