Rabu | 27 Januari 2021 |
×

Pencarian

PERISTIWA

Pakar Optimis Jokowi Bakal Terbitkan Perppu Undang-Undang KPK

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Mahasiswa meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk membatalkan revisi UU KPK yang telah ditetapkan DPR. Pakar hukum optimis Jokowi akan mengabulkan tuntutan mahasiswa karena kondisi yang tidak biasa di Indonesia.

“Kalau saya sih masih punya harapan (Jokowi terbitkan Perppu), ini kan kondisi yang tidak biasa,” ujar pakar hukum dari Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Bivitri Susanti kepada detikcom, Selasa (24 September 2019) malam.

Loading...

Kondisi yang tidak biasanya yang dimaksud Bivitri adalah aksi turun ke jalan yang dilakukan mahasiswa. Dia menilai mahasiswa melakukan demo karena khawatir dengan kondisi Indonesia setelah DPR mengesahkan revisi UU KPK.

“Saya baru pulang dari DPR, saya melihat betul bagaimana kondisi tidak biasa, maksudnya mahasiswa ini selama ini agak sulit digerakkan kan, tapi kalau sampai mereka bergerak artinya ada sesuatu yang serius. Jadi mereka sudah bisa melihat situasinya ke depannya akan buruk,” kata dia.

Bivitri berharap Jokowi betul-betul mendengarkan aspirasi dari mahasiswa. Menurutnya suara mahasiswa dari seluruh Indonesia itu bisa mengubah pandangan Jokowi.

“Jadi saya berharap Pak Jokowi melihat betul bagaimana mahasiswa itu bergerak, seluruh Indonesia kan, sehingga dia mau mengubah pandangannya,” ucapnya.

Loading...

Lebih lanjut, Bivitri juga menyinggung aksi ‘diplomasi meja makan’ Jokowi saat menjabat sebagai Wali Kota Solo. Saat itu, Jokowi mau mendengarkan aspirasi pedagang kaki lima di Solo, apalagi untuk konteks Indonesia saat ini, pasti Jokowi juga mau mendengar. Bivitri menilai tak mungkin Jokowi abai apalagi akibat bentrok saat demo di antara mahasiswa ada yang terluka.

“Kan biasanya beliau mendengar nih, dulu waktu Wali Kota Solo dan diajak makan orang-orang, ini udah sampai luka-luka lho,” tutrnya.

Sementara itu, Bivitri menyebut revisi UU KPK yang dilakukan DPR dan Pemerintah Jokowi telah memudarkan kepercayaan masyarakat terhadap Jokowi. Sehingga dia menilai, inilah saat yang tepat untuk Jokowi mengembalikan kepercayaan rakyat untuk menerbitkan Perrpu pengganti revisi UU KPK.

“Masih memungkinkan (menerbitkan Perppu), dan saya berharap dia kemudian juga, saya kira kalau dia keluarkan itu strategis buat dia, karena dia akan menjadi kembali dipercaya. Ini kan lagi titik nadir nih kalau kita lihat survei, nah kalau dia bergerak mengeluarkan Perppu saya kira dia akan kembali dipercaya oleh masyarakat,” lanjutnya. (***)

sumber : detik.com

Loading...
Loading...