Jumat | 04 Desember 2020 |
×

Pencarian

EKONOMI POLITIK

Pasar Bursa Saham Eropa Sebagian Positif

MEDIAKEPRI.CO.ID, London – Pasar saham Eropa diperdagangkan sebagian besar lebih tinggi pada hari Selasa pagi (24 September 2019) karena para pedagang memantau perkembangan perdagangan AS-China terbaru.

Indeks acuan Eropa Stoxx 600 naik 0,25% lebih tinggi selama perdagangan pagi, saham kesehatan dan utilitas masing-masing menambahkan 0,8% untuk memimpin kenaikan sementara autos turun 0,5%. Indeks FTSE turun 0,07%, indeks DAX naik 0,1%, indeks CAC menguat 0,2% seperti mengutip cnbc.com.

Loading...

Dalam kasus penting pada hari Selasa, pengadilan tertinggi Inggris memutuskan bahwa penangguhan parlemen Perdana Menteri Boris Johnson selama lima minggu hingga 14 Oktober adalah melanggar hukum. Sterling melonjak hampir 0,40% karena keputusan itu tetapi tergelincir kembali untuk diperdagangkan sekitar 0,23% lebih tinggi pada $ 1,2455 tak lama kemudian.

Mahkamah Agung juga memutuskan bahwa prorogasi parlemen adalah batal demi hukum dan mengatakan para pembicara dari kedua majelis parlemen sekarang harus memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Memasuki sesi hari Selasa, para pedagang sebagian besar berfokus pada berita di sekitar pertengkaran perdagangan AS-China. Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin mengatakan pada hari Senin bahwa pembicaraan antara Washington dan Beijing akan dilanjutkan dalam dua pekan ke depan.

Pejabat keuangan AS tampaknya bertentangan di depan umum oleh Presiden Donald Trump pada hari sebelumnya. Mnuchin mengatakan bahwa kunjungan pekan lalu dari pejabat Tiongkok telah dipotong atas permintaan pejabat AS, yang ditanggapi Trump “mengapa?”

Loading...

Di Asia, pasar berada di wilayah campuran di tengah data manufaktur Jepang yang lemah. Indeks utama menunjukkan aktivitas pabrik negara itu menyusut pada laju tercepatnya dalam tujuh bulan pada bulan September.

Dalam berita perusahaan, pembuat bir Belgia Anheuser-Busch InBev memberi harga penawaran umum perdana untuk bisnis Asia di HK $ 27 per saham, bagian bawah kisaran indikatif. Langkah itu berarti perusahaan akan mengumpulkan hingga US$5 miliar dalam float.

Di depan data, indeks iklim bisnis Ifo Jerman menawarkan sedikit perbaikan pada Selasa pagi, naik menjadi 94,6 poin dari 94,3 poin pada Agustus. Namun, ekspektasi perusahaan turun menjadi 90,8 poin dari 91,3 poin pada Agustus, mencapai level terendah sejak Juni 2009.

Pemenang terbesar di Stoxx 600 adalah perusahaan teknologi bahan Belgia Umicore, yang naik 8,2% setelah mengumumkan kesepakatan pasokan dengan LG Chem.

Perusahaan obat Jerman Evotec naik 6% setelah mengumumkan kolaborasi penemuan obat strategis dengan Takeda.

Di ujung lain dari indeks blue chip Eropa, manajer aset Investec turun 4,5% di tengah kondisi pasar yang menantang dan penurunan laba yang diantisipasi untuk enam bulan hingga akhir September.

Saham K + S turun 4,2% setelah perusahaan kimia Jerman mengeluarkan peringatan laba pada hari Senin, mendorong berbagai broker untuk memotong target harga mereka untuk saham.

Saham Royal Mail turun 3,6% setelah Liberum menurunkan peringkat saham perusahaan untuk dijual. (***)

sumber : inilah.com

Loading...
Loading...