Kamis | 19 September 2019 |
×

Pencarian

BATAM

PC IGRA Batam Kota Gelar Workshop Raudhatul Athfal

Rabu | 11 September 2019 | 9:16

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Mengenalkan pendidikan agama pada anak sejak usia dini sangat dianjurkan. Hal ini berguna untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Raudhatul Athfal (RA) salah satunya. RA merupakan jenjang pendidikan formal untuk anak usia dini, yakni usia 4 sampai 6 tahun. RA setara dengan Taman Kanak-Kanak (TK), dimana kurikulumnya ditekankan pada pemberian pendidikan bidang agama Islam. Pengelolaannya di bawah naungan Kementerian Agama.

Oleh sebab itu, untuk lebih meningkatkan kualitas belajar mengajar di RA, Pimpinan Cabang Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kecamatan Batam Kota menggelar workshop sehari yang dilaksanakan di Hotel Kaliban Batam Center, Selasa, 10 September 2019.

Dalam workshop kali ini, adapun tema yang diusung ialah “Pengembangan Kurikulum dan Bahan Pembelajaran Raudhatul Athfal”. Workshop kali ini menghadirkan Narasumber dari Pengawas RA Kecamatan Batam Kota, Hj. Muniroh, M.Pd dan Kepala Sekolah RA Az Zafirah Batam Kota, Yuni Kristina, S.Pd.AUD.

Dalam paparannya, Pengawas RA Kecamatan Batam Kota, Hj. Muniroh, M.Pd mengatakan workshop ini merupakan kegiatan rutin dari kementerian Agama RI yang setiap tahun dilaksanakan. Tujuannya adalah untuk mentransfer ilmu serta menyatukan visi dan misi dari Kemenag pusat hingga ke kecamatan-kecamatan.

Selain itu, bahan ajar yang digunakan di setiap RA yakni kurikulum K-13. Mempunyai satu komponen yang sama dibawah naungan instansi kemenag pusat yang harus dilaksanakan daerah-daerah sampai ke kecamatan seperti kegiatan yang dilakukan hari ini.

“Ini merupakan kegiatan rutin dari Kemenag RI, tujuannya untuk menyatukan visi dan misi pola pendidikan di RA, antara pusat dengan daerah-daerah,” ucapnya.

Dilanjutkannya, keberhasilan dalam mendidik siswa-siswi di RA, ujung tombaknya terletak di tangan kepala sekolah. Karena kepala sekolah adalah penentu dari maju mundurnya suatu lembaga pendidikan tersebut.

“Seorang guru sukses bukan karena peserta didiknya mendapatkan nilai yang tinggi tapi kesuksesan seorang kepala sekolah yang mampu memanajerial guru-guru dalam merubah karakter peserta didik,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah RA Az Zafirah Batam Kota, Yuni Kristina, S.Pd.AUD mengatakan, workshop kali ini diikuti sebanyak 21 Kepala Sekolah RA se-Batam Kota.

“Workshop kali ini diikuti sebanyak 21 orang peserta yang merupakan kepala sekolah RA se-Kecamatan Batam Kota,” imbuhnya.

Lanjutnya, adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah agar kepala sekolah RA dapat menilai atau mengukur sejauh mana kompetensi ketrampilan yang dimiliki seorang guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. (sal)

Editor :