Senin | 14 Oktober 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku tuk Bupati dan Wakil Bupati Karimun

KARIMUN

Pemda Karimun Wajibkan Mini Market dan Toko Modern Jalin Kemitraan dengan Usaha Mikro Kecil

Senin | 02 September 2019 | 19:33

MEDIAKEPRI.CO.ID, Karimun – Untuk membangkitkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Karimun, mini market dan toko-toko modern di Kabupaten Karimun wajib melaksanakan kemitraan dengan usaha mikro kecil.

Hal ini ditegaskan di dalam Peraturan Bupati (Perbub) No. 5 tahun 2018 tentang Izin Usaha Toko Modern (IUTM) untuk para pemilik dan pengelola mini market dan toko modern Kabupaten Karimun.

Kemitraan yang harus dipenuhi para pemilik IUTM adalah sedikitnya 20 persen dari jumlah barang yang diperdagangkan merupakan produk usaha mikro kecil.

Selain itu pemilik toko harus menyiapkan tempat pajangan produk bagi UKM tanpa memungut biaya.

“Seperti produk-produk rumahan yang membuat kerupuk. Itu lah yang ingin kita tingkatkan. Jadi minimal 20 persen harus ada di mininarket dan toko-toko modern,” kata Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun, Muhammad Yosli, Senin 2 September 2019.

Yosli menyebutkan pemberdayaan dan pembinaan toko modern atau mini market ini dilakukan oleh dinas perdagangan, koperasi UKM dan ESDM bersama dinas terkait serta Camat.

“Nanti kita akan monitor apakah mini market atau toko-toko modern ini sudah menerapkannya,” ucap Yosli.

Bagi pemilik IUTM yang tidak mematuhi perbub tersebut nantinya akan dikenakan sanski adminitratif. “Sebagaimana Pasal 3, pasal 11 ayat (1), pasal 14 ayat (2) dan pasal 15,” katanya.

Perbup No. 5 tahun 2018 tentang Izin Usaha Toko Modern (IUTM) ini telah disosialisasikan melalui rapat bersama instansi terkait dan para pemilik IUTM pada Senin pagi. Sebanyak 60 pemilik IUTM turut menghadiri rapat tersebut. (yan)

Editor :