Selasa | 15 Oktober 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku tuk Walikota dan Wakil Walikota Batam

BATAM

Penanganan Dampak Kabut Asap di Kepri, Isdianto: Masyarakat Diminta Kurangi Aktifitas Diluar Rumah

Rabu | 18 September 2019 | 18:32

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Pemerintah Provinsi Kepri telah melakukan berbagai upaya preventif dalam mengatasi semakin tebalnya kabut asap yang menyelimuti wilayah udara di Kepri.

Menurut data yang bersumber dari Indeks Standar Pencermaran Udara (ISPU) kualitas udara di wilayah Kepri pada hari ini (Rabu-red) menunjukkan angka 170 – 226 ISPU. Artinya, dari angka tersebut menyatakan kualitas udara di Kepri masuk dalam kategori tidak sehat.

Maka dari itu Plt. Gubernur Kepri, Isdianto menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mengurangi aktifitas yang dilakukan diluar rumah maupun gedung.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kepri, agar jangan terlalu lama melakukan aktifitas diluar rumah. Jikapun harus keluar rumah, tetaplah gunakan masker agar terhindar dari gangguan pernafasan akibat asap,” ujar Isdianto di Lantai 5 Gedung Graha Kepri, Batam, Rabu, 18 September 2019.

Dilanjutkannya, Pemerintah Provinsi Kepri telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi dalam mengatasi asap kiriman akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Saat memimpin rapat bersama tim Satgas Karhutla yang berasal dari lintas instansi seperti Tagana, BMKG, Basarnas, Dinas Kesehatan, Polisi Kehutanan dan Ditpam BP Batam, telah disepakati keputusan bersama penanganan dampak kabut asap di Kepri, yakni:

  1. Meminta masyarakat mengurangi aktifitas diluar rumah dan gedung, jika terpaksa keluar sebaiknya menggunakan masker.
  2. Apabila dirasakan ada gangguan pernafasan segera mendatangi fasilitas kesehatan setempat seperti Rumah Sakit, Puskesmas dan lain sebagainya.
  3. Menghimbau kepada fasilitas kesehatan untuk pro aktif memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang terkena ISPA.
  4. Bagi masyarakat yang membutuhkan masker, Pemprov Kepri telah menyiapkan sebanyak 100 ribu keping masker. Nantinya sebanyak 500 ribu keping masker dari Kemenkes RI untuk segera didistribusikan keseluruh wilayah di Kepri.
  5. Diharapkan kepada pemerintah kabupaten dan kota di Kepri untuk menyediakan pengadaan masker sesuai kebutuhan.
  6. Dihimbau kepada sektor swasta agar berpartisipasi dan ikut terlibat aktif dalam menyediakan masker secara mandiri. (sal)

Editor :