Selasa | 15 Oktober 2019 |
×

Pencarian

TANJUNG PINANG

Perkuat UKM, Pemko Kumpulkan Pelaku Industri Rumahan

Jumat | 06 September 2019 | 9:09

MEDIAKEPRI.CO.ID, Tanjungpinang – Para ketua berbagai organisasi pelaku Usaha Kecil Menengah di Tanjungpinang kumpul di ruang pertemuan Walikota Tanjungpinang, Kamis, 5 September 2019.

Acara yang ditaja Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Tanjungpinang ini diikuti oleh berbagai pelaku industri rumahan. Yang dibahas adalah bagaimana mendorong usaha kecil menengah ini agar semakin kuat hingga perekonomian Tanjungpinang menjadi makin membaik. Jenis industri rumahan yang terbanyak saat ini berupa industri makanan ringan, berbagai jenis kuliner, industri kerajinan tangan.

Dalam pertemuan itu terungkap, banyak industri rumahan yang berkualitas baik namun karena belum menemukan teknik pemasaran yang tepat hingga kondisinya masih sulit untuk berkembang.

Sapril Sembiring, Ketua Forum Pengembangan Ekonomi Lokal menyebutkan, industri rumahan di Tanjungpinang khususnya yang memproduksi berbagai jenis kuliner seperti kue, banyak yang tutup usahanya kemudian muncul lagi yang baru.

“Artinya, ada warga Tanjungpinang ini cukup kreatif dalam memproduksi berbagai jenis makanan. Setiap ada jenis makanan yang baru selalu laris manis.

Namun itu sekitar tiga bulan, permintaannya langsung sepi hingga pengusahanya memilih untuk menutup usaha lamanya dan beralih ke jenis usaha baru. Pelaku-pelaku usaha rumahan ini memang terkenal cukup kreatif dan selalu berinovasi untuk membuat hal-hal yang baru,” sebutnya.

Dalam pertemuan itu para pimpinan organisasi UKM meminta agar ada lapak industri rumahan, bazar swalayan UKM untuk menampung produk yang dihasilkan dengan lokasi yang mudah dijangkau pasar.

“Saat ini kita berharap ada inisiasi UKM Mart atau bazar yang dilakukan secara bekala hingga produk-produk UKM yang ada di Tanjungpinang bisa diperkenalkan di masyarakat dan masyarakat akan tahu dimana saja mereka akan mendapatkan produk tersebut,” kata Sapril.

Dalam pertemuan itu, Pemko mengumpulkan berbagai kendala yang dihadapi oleh para pelaku usaha kecil menegah untuk ditindak lanjuti oleh Setiap perangkat Daerah di Pemko Tanjungpinang.

“Saya sangat berharap, pertemuan menginventarisir masalah UKM ini terus digelar karena setiap ada masalah baru bisa dicarikan jalan keluarnya agar UKM di Tanjungpinang makin kuat,” harap Sapril.

Kabid Ekonomi Barenlitbang Kota Tanjungpinang, Salman Alfarizi Soradalam pertemuan itu menyebutkan Pemko akan selalu mengajak UKM untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang biasa membelit UKM serta akan menyampakan solusinya lewat program yang disebar di setiap OPD Pemko Tanjungpinang. Selain itu, Salman, juga meminta agar para pelaku industri rumahan tetap terus mempromosikan produknya melalui media sosial sebagai mendukung program Tanjungpinang Smart City.

Para pedagang dan pelaku industri rumahan juga berharap Pemko membuat UKM share di setiap kecamatan di Tanjungpinang agar produk yang dihasilkan semakin luas pasarnya. Pada pertemuan itu tampak dihadiri perwakilan-perwakilan dari berbagai instansi seperti dari Disnaker, Disperindag, Dinkes, Dispar, Dinas Pertanian, Pangan dan perikanan sementara dari perakilan industri rumahan terlihat perwakilan dari HIPMI, IWAPI, IPEMI, Asosiasi Kuliner Rumahan bahkan perwakilan dari gojek yang selama ini keberadaannya cukup membantu pemasaran industri rumahan, khususnya yang berkaitan dengan kuliner. (r/ramadhani)

Editor :