Kamis | 19 September 2019 |
×

Pencarian

KARIMUN

Permudah Perijinan, Imigrasi Karimun Terapkan Sistem SIMKIM dan OSS

Selasa | 10 September 2019 | 21:52

MEDIAKEPRI.CO.ID, Karimun – Permudah regulasi perijinan bagi para investor yang akan mengurus dokumen seperti Vitas, Itas, dan Alih Status, pihak kantor Imigrasi Karimun terapkan dua sistem.

Sistem itu adalah, Sistem Informasi Manejemen Keimigrasian (SIMKIM) dan Sistem Online Single Submission (OSS) Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Kedua sistem ini akan langsung terhubung.

Kebijakan ini menyederhanakan segala bentuk regulasi perijinan bagi para investor. Hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 20 tahun 2018.

“Dengan adanya Perpres tersebut dapat menjawab keluhan di dunia usaha atas isu yang memproses perizinan itu lambat,” kata Kepala Seksi Lalu lintas Keimigrasian, Kantor Imigrasi kelas II Tanjungbalai Karimun, Kristian, Selasa 10 September 2019.

“Ini juga mendorong investasi dan menciptakan lapangan kerja yang semakin luas,” tambahnya.

Dijelaskannya, melalui sistem OSS dan SIMKIM para pemohon dapat melakukan kepengurusan Vitas, Itas, dan Alih Status secara bersamaan.

“Sistemnya langsung, setelah urus ijin tinggal, dapat notifikasi, pembayaran PNBP Imigrasi, maka lebih cepat. Untuk Kepri, pemohon harus masuk TPI di Batam, Batam Center. Itu langsung memproses ijin tinggal terbatas,” jelasnya.

Dia mengatakan, secara teknis, kebijakan ini tertuang dalam peraturan Menkumham melalui Dirjen Keimigrasian No. 16 Tahun 2018 tentang tata cara pemberian visa dan ijin tinggal bagi TKA.

“Jadi aturan ini, intinya mempermudah dan menyederhanakan segala bentuk pokok aturan dasar birokrasi dan regulasi bagi para investor,” katanya. (yan)

Editor :