Selasa | 22 Oktober 2019 |
×

Pencarian

HARI INI SEJARAH

Pertempuran Britania, Penolakan Angkatan Udara Inggris Dikuasi Jerman

Minggu | 15 September 2019 | 2:03

MEDIAKEPRI.CO.ID – Hari Pertempuran Britania adalah nama yang diberikan kepada pertempuran udara berskala besar yang berlangsung pada tanggal 15 September 1940.

Pertempuran Britannia adalah pertempuran antara Luftwaffe ( Angkatan Udara Jerman ) dengan RAF ( Angkatan udara Inggris ) pada tahun 1940 hingga tahun 1941.

Pertempuran ini dilatari oleh upaya Jerman untuk membom daratan Inggris dari udara. Lalu, langkah ini dicegah RAF yang mengirim pesawat tempurnya untuk menghadang skuadron pesawat pembom Jerman.

Sebab pemerintah Inggris sadar, bila udara Inggris sampai dikuasai Jerman, maka akan sangat mudah bagi Jerman untuk menginvasi Inggris melalui operasi Singa Laut.

Pada pertempuran ini AU Jerman (Luftwaffe) mengerahkan 1.200 Pesawat Pembom maupun Pemburu yang terdiri dari jenis Heinkel He-111H (Pembom medium), Junkers JU-88 (Pembom cepat), Do-17Z (Pembom ringan), Messerschmitt Bf-109 (pemburu) dan Junkers Ju-87 Stuka (pembom tukik).

Sedangkan sebagai penangkalnya RAF mengerahkan 650 pesawat pemburunya yang terdiri dari Spitfire, Hawker Hurricane dan Bristol Beufighter.

Dalam Pertempuran ini baik Luftwaffe maupun RAF menderita korban yang cukup banyak dan sebagian kota London hancur karena serangan pembom Jerman yang bertubi-tubi.

Banyaknya kerugian yang diderita Jerman, membuat Hitler menunda Operasinya untuk sementara waktu. (wikipedia.org)

Editor :