Selasa | 15 Oktober 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku tuk Walikota dan Wakil Walikota Batam

BATAM

Polisi Bekuk Maling Pipa Air, ATB Rugi Puluhan Juta Rupiah

Selasa | 17 September 2019 | 18:58

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Komplotan pencuri spesialis potong pipa air, berhasil diamankan Satuan Unit Reserse Kriminal Polsek Batam Kota. Pelaku berjumlah 2 orang, satu orang inisial RG usia 23 tahun berhasil diamankan dan satu orang lagi dengan inisial SL menjadi DPO Polsek Batam Kota.

Kapolsek Batam Kota, AKP Ricky Firmansyah SH., SIK., MH, dalam ekspose ungkap kasus yang dilaksanakan di Mapolsek Batam Kota, Selasa, 17 September 2019 menjelaskan, kejadian pencurian instalasi pipa air bersih milik PT Adhya Tirta Batam (ATB) yang berlokasi di Dam Baloi, Batam, terjadi pada Rabu, 4 September 2019 sekitar pukul 18.00 WIB.

Dijelaskannya, berawal dari kecurigaan salah seorang karyawan yang sedang bertugas di Dam Baloi, mencium bau gas yang sangat menyengat hidung. Setelah dilakukan penelusuran ke asal bau, karyawan tersebut mendapati pelaku yang sedang asyik melakukan aktifitas pemotongan pipa, menggunakan alat pengelasan yang lengkap dengan tabung gasnya.

“Pelaku tak bisa berkutik lagi saat karyawan memergokinya ketika melakukan pemotongan pipa dengan menggunakan peralatan las lengkap,” ujar Ricky.

Kemudian karyawan tersebut menyerahkan pelaku ke pihak yang berwajib. Dari tangan pelaku, Polisi mengamankan barang bukti diantaranya 1 bilah pisau, 1 buah kunci inggris, seperangkat alat pengelasan, 1 buah tabung gas dan 3 potong pipa.

“Untuk 3 potong pipa yang pertama berukuran kurang lebih 1 meter, kemudian yang 2 nya lagi berukuran 10 meter dibagi dua,” ucapnya.

Akibat perbuatan para pelaku, pihak ATB diperkirakan mengalami kerugian sebesar 36 juta rupiah.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara.

“Sementara, untuk yang DPO dengan inisial SL masih di lakukan pengejaran oleh unit Reskrim Polsek Batam Kota,” pungkasnya. (sal)

Editor :