Kamis | 24 Oktober 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku untuk Pilkada Kuansing

KUANSING

PRIHATIN!!! Kodisi Jalan Lintas Sumatera Sangat Membahayakan Pengguna Jalan

Jumat | 27 September 2019 | 13:47

MEDIAKEPRI.CO.ID, Taluk Kuantan – Kondisi jalan lintas sumatera, dari arah Kiliranjao – Pekanbaru sudah sangat memperhatinkan. Selain bergelombang, jalan ini juga banyak bekas patchingan membuat jalan yang seharusnya rata jadi berbukit bukit.

Kondisi jalan seperti itu sangat mengganggu kenyamanan berkendara dan sangat membahayakan bagi pengguna jalan.

Pantauan di lapangan, mulai perbatasan Propinsi Riau dan Propinsi Sumatera Barat (sumbar), lebih tepatnya Jalan Bukit Betabuh, Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Musik sampai perbatasan Kuansing-kampar, kondisi jalan sangat parah dan membuat pengendara merasa was-was.

Meskipun pembangunan jalan tersebut adalah wewenang Kementerian PUPR melalui APBN, yang dikelolah oleh pemerintah Provinsi Riau, Namun sudah hampir dua tahun ini terlihat semakin bertambah parah. Sehingga, setiap hari semakin membahayakan bagi para pengendara roda dua, maupun roda empat yang setiap hari melintasi jalur ini.

Seorang masyarakat, berinisial EK (29) yang setiap hari melintasi jalan tersebut mengatakan kepada mediakepri.co.id, Kamis, 26 september 2019 siang mengaku jalan sudah berkali kali diperbaiki, namun tidak berapa lama kondisi jalan kembali rusak.

“Saya lihat tiap tahun jalan ini selalu dilakukan perbaikan. Tapi tidak bertahan lama, jalan tersebut berlobang dan bergelombang lagi.” ujarnya dengan nada kecewa.

Lebih lanjut, pemuda asal Kuansing tersebut mengatakan dengan kondisi jalan lintas dibiarkan bergelombang seperti itu, maka dikuatir akan terjadi Lakalantas dan memakan korban jiwa.

“Kalau saya lihat kondisi jalan yang bergelombang dan berlobang itu cukup banyak dan panjang. Apalagi berada pada tikungan tajam, itu sangat membahayakan penguna jalan,” katanya.

Menurutnya, penyebab bergelombang dan berlobang nya jalan tersebut akibat mobil yang melintasnya bermuatan yang melebihi tonase, dan setiap hari melintasi Lajur tersebut.

” Ya, Truk bermuatan melebihi tonase itu lebih dominan melewati lajur kiri, sehingga menjadi penyebab rusaknya jalan tersebut,” tuturnya mengira-ngira.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Kuansing, AKP Yohanes Basri ketika dimintai keterangan terkait kondisi jalan tersebut, dirinya membenarkan jalan tersebut sudah membahayakan para pengguna jalan.

“Kita sudah sampaikan ke Dinas PU Provinsi,” ujarnya singkat. (depriandi)

Editor :