Selasa | 15 Oktober 2019 |
×

Pencarian

RAUN WAK

Raun ke Jemaja, Rugi? Anda Akan Dimanjakan Keindahan Pantai dan Air Terjunnya

Minggu | 15 September 2019 | 20:48

MEDIAKEPRI.CO.ID, Anambas – Pulau Jemaja, mungkin nama ini sedikit asing dan jarang di dengar oleh kita sehari-harinya. Terletak di Kabupaaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, pulau ini menyimpan banyak keindahan alam serta sejarah yang masih tersimpan rapi.

Jauh dari hiruk pikuknya perkotaan, membuat pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu wisata yang cukup terkenal di pulau ini adalah pemandangan pantainya.

Pantai Padang Melang, satu diantaranya. Pantai ini terletak di Kelurahan Letung Kecamatan Jemaja, tepatnya di Desa Batu Berapit. Destinasi ini merupakan salah satu potensi wisata yang ada dan sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten setempat.

Pantai Padang Melang

Keindahannya pun sebanding dengan daerah wisata yang lain. Pasir putih yang membentang luas, sejauh mata memandang, air laut yang jernih. Lalu dipercantik dengan adanya pohon kelapa dan cemara yang rindang.

Berada di pantai ini membuat kita seakan terlupa dengan kesibukan sehari-hari. Pulau- pulau kecil yang terlihat di depan bibir pantai, menghadirkan suasana alami tiada duanya, mengikat kaki seakan enggan menjauh meninggalkan pantai.

Terdapat juga warung-warung makan yang ada di sekitar pantai. Mereka menjajakan kuliner khas daerah dan berbagai jenis makanan seafood. Keberadaan ini, menjadikan kita untuk semakin betah berlama-lama di sini. Tak ada berasa saat menghabiskan waktu, sambil menikmati indahnya pemandangan yang disajikan pantai ini.

Untuk menuju ke Pulau Jemaja, memakan waktu sekitar 45 menit menggunakan pesawat dari Batam. Dan atau, kita bisa menggunakan kapal feri dari Tanjung Pinang. Namun akan memakan waktu sedikit lebih lama untuk tiba di tujuan.

Akan tetapi, perjalanan panjang menggunakan kapal akan terobati setibanya di pelabuhan. Kita akan disambut dengan pemandangan terumbu karang yang masih terjaga keindahannya.

Tidak hanya destinasi pantai yang menjadi wisata di Jemaja. Terdapat pula Air Terjun Neraja. Titik keindahan alam yang terletak di Desa Genting Pulur ini jadi tempat favorit. Air terjun ini sangat ramai di kunjungi di hari libur oleh warga setempat, dan juga merupakan sumber air bagi masyarakat desa sekitar.

Menurut penuturan warga setempat, pada hari lebaran Idul Fitri, biasanya diadakan pertunjukan musik yang dibuat masyarakat setempat untuk menghibur pengunjung yang hadir.

Pantai Kusik

Lalu ada Pantai Kusik. Pantai yang tidak kalahnya dengan Pantai Padang Melang ini, memiliki jembatan panjang yang biasa digunakan masyarakat untuk penyebrangan antar pulau dan juga tempat sandarnya kapal-kapal nelayan.

Pantai ini terletak di Desa Rewak, yang mana di dalam perjalanan ke desa ini akan di jumpai pemandangan alam yang masih asri dan sangat menyejukkan mata.

Lelah berjalan di sekitar Pantai Kusik, kita bisa beristirahat di gazebo (pondok) yang disediakan, sambil menikmati kelapa muda yang dijajakan warga sekitar.

Untuk pengetahuan tambahan, Pulau Jemaja juga pernah menjadi tempat pengungsian bagi warga negara vietnam yang sedang dilanda perang pada tahun 1957.

Keberadaan mereka dimasa lalu itu dibuktikan dengan adanya kubur pengungsi. Dan kuburan ini menjadi saksi akan sejarah yang pernah terjadi di pulau ini. (ardi)

Editor :