Minggu | 24 Januari 2021 |
×

Pencarian

BATAM

Sambut Tahun Baru Islam 1441 H, Majelis Wirid Ulil Albab Gelar Lomba Anak Islami

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Seluruh umat Islam di dunia termasuk Indonesia menyambut Tahun Baru Islam yang jatuh pada 1 Muharram 1441 Hijriah atau tahun 2019 Masehi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperingatinya, salah satunya adalah dengan menggelar perlombaan Azan dan Hafal Al Qur’an (Tahfidz).

Atas dasar itulah Majelis Wirid Ulil Albab bekerjasama dengan Rumah Tahfidz Nurul Qur’an Perumahan Bukit Raya, Batam Center, Menyelenggarakan kegiatan Lomba Anak Islami dalam rangka Merayakan Tahun Baru Islam 1441 Hijriah atau 2019 Masehi.

Loading...
Para juara Lomba Tahfidz Kategori Anak Usia II.

Kegiatan dilaksanakan di Pendopo Perumahan Bukit Raya, Batam Center, Ahad, 1 September 2019 malam. Pendopo yang merupakan fasilitas umum milik warga disulap menjadi panggung megah dengan dihiasi ornamen lampu kerlap-kerlip.

Ketua Majelis Wirid Ulil Albab, Wibowo mengatakan ada dua jenis perlombaaan yang dipertandingkan yakni, Lomba Azan kategori siswa SD dan SMP. Kedua, Lomba Tahfidz kategori siswa TK, SD dan SMP. Total keseluruhan peserta yang mengikuti lomba ini berjumlah 70 an peserta.

Para juara Lomba Azan Kategori Anak Usia II.

“Alhamdulillah, antusias anak-anak mengikuti perlombaan ini cukup tinggi, terbukti dengan banyaknya jumlah peserta yang mengikutinya. Dan, malam ini merupakan malam final penentuan siapa yang akan menjadi juaranya,” ujar lelaki yang akrab disapa Bowo ini.

Bowo menjelaskan, kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di perumahannya. Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak
tentang sejarah Rasulullah Muhammad SAW dan para sahabat yang berhijrah demi memperjuangkan kejayaan agama Islam.

Loading...

“Tahun Baru Islam memiliki makna menegaskan kembali pentingnya menerapkan akhlak mulia dalam kehidupan yang bersumber dari Al-Quran,” imbuhnya.

Para juara Lomba Azan Kategori Anak Usia I.

Selain itu, perlunya juga kita sebagai muslim, mengingat kembali peristiwa hijrah dan sejarah dari Nabi Muhammad SAW. Hijrah di sini memiliki arti yang lebih luas dari apa yang kita saksikan hari-hari ini. Lebih dari itu, hijrah adalah perubahan-perubahan mendasar, dari yang belum baik menjadi baik, dari yang sudah baik menjadi lebih baik.

“Meski peringatan ini berulang setiap tahunnya, namun selalu saja ada hal yang bisa dipetik dari peringatan Tahun Baru Islam ini,” tuturnya lagi.

Dalam kesempatan ini, Bowo mewakili Majelis Wirid Ulil Albab dan yayasan Rumah Tahfidz Nurul Qur’an mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para donatur-donatur, yang telah menyisihkan sebagian hartanya sehingga kegiatan malam ini bisa terlaksana.

Para dewan juri lomba.

“Terima kasih kepada para donatur, khususnya kepada bapak Chandra Ibrahim yang telah memberikan bantuan berupa uang pembinaan untuk para juara,” pungkasnya.

Berikut nama-nama pemenang juara Lomba Azan dan Lomba Tahfidz:

Pemenang Juara Harapan.

Lomba Azan Kategori Anak Usia Tingkat I:
Juara 1, Daffa Rafila.
Juara 2, Muhammad Naufal.
Juara 3, Muhammad Hafiz

Juara Harapan 1, Akmal Makruf
Juara Harapan 2, Radit Farel

Lomba Tahfidz Kategori Anak Usia Tingkat I:
Juara 1, Jihan Safwa.
Juara 2, Fatihatul Maulida.
Juara 3, Desi Woro.

Juara Harapan 1, Nasita Talitha
Juara Harapan2, Ichirona

Lomba Azan Kategori Anak Usia Tingkat II:
Juara 1, Faisal Samsul.
Juara 2, Devin Ivana.
Juara 3, Bani Rasiq.

Harapan 1, Muhammad Fajri.
Harapan 2, Fahri Yoga Winata.

Lomba Tahfidz kategori Anak Usia Tingkat II:
Juara 1, Nur Afdalia.
Juara 2, Selfia Anissa.
Juara 3, Aqilla Laili.

Juara Harapan 1, Kansa Wiyaranda.
Juara Harapan 2, Alfa Hasya. (sal)

Loading...
Loading...