Selasa | 22 Oktober 2019 |
×

Pencarian

TANJUNG PINANG

Syahrul Harapkan Pengelola Perpustakaan agar Berinovasi

Jumat | 06 September 2019 | 19:44

MEDIAKEPRI.CO.ID, Tanjungpinang – Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan dan Perawatan Perpustakaan untuk Pengelola Perpustakaan SD/MI se-Kota Tanjungpinang dan juga disejalankan dengan Pengukuhan Pengurus Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) Kota Tanjungpinang periode 2019-2023 di Aula Bulang Linggi, Jumat, 6 September 2019 pagi.

Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd dalam sambutannya mengatakan Pelayanan Perpustakaan harus menciptakan susana yang menarik lantaran perpustakaan sebagai Sarana Pendidikan Informasi, Sumber Ilmu Pengetahuan dan Penyebaran Informasi merupakan sarana yang tepat untuk meningkatkan kemajuan minat baca masyarakat.

Ia menyebutkan minat membaca itu bukanlah hal yang dapat timbul secara tiba – tiba, tetapi membutuhkan waktu dan latihan secara terus menerus. Salah satu upaya dalam meningkatkan dan mengembangkan minat baca adalah melalui program – program perpustakaan, pengembangan perpustakaan dan promosi – promosi lainya.

“Buku adalah Jendela Dunia, dengan membaca bisa menjelajah dunia dan memperoleh ilmu pengetahuan yang bermanfaat,” katanya.

Syahrul berharap seluruh peserta yang mengikuti Bimtek ini, katanya, mengikuti dengan serius pelatihan ini dan kegiatan ini dapat dilakukan berkesinambungan agar hasilnya dapat diterapkan dimasing – masing perpustakaan yang di kelola. 

“Pengelola perpustakaan tugasnya tidak hanya mengurus buku dan memajangkan buku, tetapi harus memikirkan cara bagaimana suatu Perpustakaan mampu berbenah diri agar menarik, berinovasi sehingga mampu eksis dan berperan dalam mengembangkan minat baca peserta didik dan masyarakat,” ungkap Syahrul.

Dalam kesempatan ini, Syahrul juga mengukuhkan Pengurus ATPUSI Kota Tanjungpinang yang diketuai oleh Fakhriyansyah, S.Pd yang merupakan menjabat sebagai ketua selama dua periode. Syahrul juga berharap kepada ATPUSI Kota Tanjungpinang dapat mewadahu dan saling bersinergi guna mewujudkan perpustakaan sebagai pusat pembelajaran di sekolah. “Saya harapkan ATPUSI ini menjadi wadah untuk para pengelola perpustakaan mengetahui tentang ilmu perpustakaan dan langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai pengelola perpustakaan,” harap Syahrul.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Drs. H. Wan Samsi, MM selaku Panitia menjelaskan, kegiatan Bimtek dengan pesertanya terdiri dari Pengelola Perpustakaan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pengelola dan pelayanan perpustakaan dalam mengembangkan minat baca masyarakat.

Sebagai narasumber pada pelatihan ini berasal dari Perpustakaan Nasional RI diantaranya Renus Siboro dan Helen Manurung yang akan mengupas tuntas tentang pengelolaan dan perawatan perpustakaan. (r/sal)

Editor :