Selasa | 19 Januari 2021 |
×

Pencarian

BATAM

18 Jurnalis Televisi Kepri Ikuti UKJTV di Batam

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Sebanyak 18 wartawan televisi mengikuti Uji Kompetensi Jurnalis TV (UKJTV) di Hotel Harmoni One Batam, Jumat, 11 Oktober 2019.

Adapun yang menjadi pesertanya merupakan para wartawan yang berasal dari televisi lokal maupun nasional, diantaranya Batam TV, BCN, TVRI, Metro TV, Trans TV, MNC TV, Inews TV, RCTI, SCTV, TV One, Indosiar, RTV, Kompas TV dan lainnya.

Loading...

Kegiatan yang diprakarsai Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kepulauan Riau ini dibuka Sekretaris Jenderal (Sekjen) IJTI Pusat, Indria Purnamahadi.

Pembukaan UKJ dihadiri beberapa intansi dan organisasi kewartawanan yang berada di Kepri antara lain, Sekjen IJTI Pusat, Tim Penguji IJTI Pusat, Ketua PWI Kepri, Perwakilan AJI Batam, Perwakilan IJTI Medan, Humas Polda Kepri dan Humas PLN Batam.

Ketua IJTI Kepri, Agus Faturrohman mengatakan keinginan untuk melaksanakan uji kompentesi ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Berawal setelah dirinya selesai mengikuti uji kompetensi di Bali, ada keinginan untuk membuat hal serupa di Kepri.

“Tahun ini keinginan itu baru bisa diwujudkan. Terima kasih yang tak terhingga kepada panitia pelaksana dan juga para donatur, berkat kerjasama yang baik uji kompetensi jurnalis televisi ini bisa dilaksanakan,” ujar Bagas sapaan akrabnya.

Loading...

Dijelaskannya, seluruh peserta yang mengikuti uji kompetensi kali ini, rata-rata mengambil tingkatan yang paling awal dalam jenjang kewartawanan yang telah ditentukan oleh Dewan Pers, yakni tingkatan wartawan Muda.

“Seluruh peserta yang hadir ini mengambil tingkatan wartawan Muda. Nantinya mereka akan diuji oleh Tim Penguji (Assessor) dari IJTI Pusat, yang sudah mendapatkan lisensi dari Dewan Pers,” imbuhnya.

Sekjen IJTI Pusat, Indria Purnamahadi mengatakan dijaman kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, peningkatan kemampuan sebagai seorang wartawan menjadi hal yang mutlak. Salah satu upayanya yakni dengan melakukan uji kompetensi seperti yang dilaksanakan hari ini.

“Saat ini sudah ada sekitar 600 an jurnalis televisi di seluruh Indonesia yang telah memiliki sertifikasi mulai dari jenjang Muda, Madya maupun Utama,” ucapnya.

Dilanjutkannya, adapun tujuan dari diadakannya uji kompetensi ini adalah agar teman-teman yang turun langsung ke lapangan mengetahui apa saja berita-berita dan produk-produk jurnalisme yang dihasilkannya bisa bermanfaat, mencerahkan dan tidak melanggar kode etik jurnalistik.

“Untuk berita telivisi ada tiga ketentuan yang harus ditaati yakni, P3SPS dari KPI, kode etik jurnalistik dari Dewan Pers, Undang-Undang Penyiaran dan Undang-Undang Pokok Pers,” imbuhnya.

Ketua PWI Kepri, Chandra Ibrahim yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan sangat mendukung sekali atas kegiatan yang dilakukan IJTI Kepri ini.

Foto bersama peserta dan penguji dalam Uji Kompetensi Jurnalis Televisi IJTI Kepri.

Dikatakanya, uji kompetensi ini merupakan bagian dari persyaratan wartawan yang berkompeten, supaya nantinya wartawan tersebut tidak kesulitan untuk mendekati narasumber.

“Jangan sampai nanti narasumber enggan melayani wartawan karena tidak berkompeten. Karena dibeberapa daerah di Indonesia, kompetensi wartawan menjadi prioritas utama dalam peliputan,” kata calon Walikota Batam ini. (sal)

Loading...
Loading...