Senin | 30 November 2020 |
×

Pencarian

ANAMBAS

APBDes Perubahan 2019, Kades Desa Sunggak: Berdayakan Petani dengan Bibit Unggul

MEDIAKEPRI.CO.ID, Anambas – Upaya untuk menjaga stabilitas ekonomi pendapatan warga petani masyarakat desa, Kepala Desa Sunggak, Mulyadi bantu warga dengan pengembangan bibit buah pala.

Kondisi ini disadari, Mulyadi mengingat cara tanam buah pala tergolong mudah dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Dimana, dari biji pala, kulit dalam dan lapisan kulit luar memiliki nilai ekonomi.

Loading...

“Proses penanaman dari bibit hingga berbuah, hanya butuh waktu 4 tahun,” ucapnya di ruang kerja Kantor Desa Sunggak, Jumat, 17 Oktober 2019.

Lebih jauh dijelaskannya, ini merupakan program desa yang memang atas kesepakatan yang telah dimusyawarah secara bersama dengan kelompok tani yang ada.

Namun, kedepan Mulyadi akan terus memantau perkembangan dan keseriusan kelompok dalam pengembangan biji pala tersebut. Diharapkannya dengan kegiatan ini dapat meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat kelompok tani, khususnya di Desa Sunggak.

Disebutkannya, saat ini harga jual buah pala sebesar Rp70.000 per kilo, dan sari kulit dalam sebesar Rp200.000 per kilo. Sedangkan kulit luar, tambahnya, bisa dimanfaatkan sebagai manisan.

Loading...

“Semoga dengan keseriusan, kelompok tani dapat memanfaatkan kesempatan ini dan di tahun selanjutnya, pihak desa akan terus membantu pembibitan dengan jumlah yang lebih,” katanya.

Jikalau pembibitan dirawat secara baik, katanya, di tahun 2025, para petani sudah bisa merasakan manfaatnya. (rofy)

Loading...
Loading...