Rabu | 16 Oktober 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku tuk Bupati dan Wakil Bupati Natuna

NATUNA

Bupati Hamid: SKPT Ini untuk Masyarakat Natuna

Senin | 07 Oktober 2019 | 19:23

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, mengatakan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu(SKPT) Selat Lampa Natuna yang dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, memang diperuntukan bagi masyarakat Natuna.

“SKPT ini punya masyarakat natuna, setelah diresmikan nanti kiranya dapat menambah pendapatan dan mensejahterakan masyarakat pada umumnya dan khususnya nelayan Natuna,” kata Hamid, dalam sambutannya pada acara peresmian SKPT Selat Lampa Natuna, Senin 7 Oktober 2019.

Menteri Susi menandatangani batu prasasti peresmian SKPT Natuna

Di sisi lain, lanjut Hamid, bukan hanya nelayan yang merasakan adanya dampak perekonomian setelah SKPT Selat Lampa hadir, namun indeks pertumbuhan ekonomi Natuna juga ikut melesat naik.

“Kami dari pemkab merasakan sekali adanya peningkatan perekonomian di natuna, jauh meningkat, yang awal Tahun 2016 pertumbuhan ekonomi baru 3,5 persen pertahun, dengan adanya SKPT kini 5,8 persen pertahun. kami harap meningkat lagi setelah diresmikan,” harap Bupati.

Di akhir sambutannya, Bupati Natuna tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Menteri KP Susi Pudjiastuti, yang menurutnya sangat perhatian dengan nelayan Natuna.

Menteri Susi didampingi Bupati Natuna melepaskan ekspor perdana gurita dari SKPT Natuna ke Negara Jepang

“Trimakasih Bu Menteri yang banyak memberi bantuan kepada nelayan kami, kami bangga kami doakan ibu selalu sehat dan sukses dalam menggapai apa yang dicita-citakan,” tutur Hamid.

Sementara itu, dalam sambutannya Menteri KP Susi Pudjiastuti, mengatakan untuk menghidupkan SKPT perlu disiplin dari seluruh stakeholder.

“Saya minta Bupati realisasi, kita punya kapal ijin pusat 600 kapal, apabila mereka bisa mendarat disini, melakukan pendaratan dan pelelangan ikan disini, daerah bisa memungut retribusi untuk tingkatkan PAD,” pesan Susi.

Menteri Susi pun mendukung kebijakan Pemda Natuna yang menetapkan perikanan dan pariwisata sebagai sektor unggulan.

Menteri Susi didampingi Bupati Natuna menyapa murid SD menyerukan gerakan makan ikan

“Hal ini sangat benar untuk natuna. namun komit dan disiplin semua harus jadi satu. masyarakat harus patuh, saya harap masyarakat natuna sejahtera, bangga dan bahagia menjadi bagian NKRI di beranda depan,” ujar Susi.

Dalam peresmian SKPT Selat Lampa Natuna diberikan sejumlah bantuan yakni, Fasilitas SKPT Natuna, bantuan pendidikan, peningkatan mutu ikan, bantuan untuk masyarakat pesisir, permodalan,CSR dan Asuransi, pengembangan dan diversifikasi usaha keluarga nelayan, penyerahan surat ijin penangkapan ikan(SIPI), sertifikat HACCP, penanaman bibit produktif.

Total bantuan yang telah digulirkan tersebut berjumlah Rp.223,3 Miliar.

Turut hadir dalam acara tersebut, Dubes Norwegia,wakil Dubes Newzeland, Ketua DPRD Natuna, Sekda Natuna, Forkopimda, OPD, Balai Karantina perikanan, Imigrasi, tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat. (alfian)

Editor :