Senin | 18 November 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku untuk Pilkada Batam

BATAM

Buruh Demo, Bawa Tiga Tuntutan ke Walikota Batam

Rabu | 02 Oktober 2019 | 16:45

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Ribuan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kota Batam demo di depan Kantor Walikota Batam, Jalan Engku Putri Batam Center, Rabu, 2 Oktober 2019 siang.

Pantauan mediakepri.co.id di lapangan, massa buruh mulai bergerak menuju kantor Walikota Batam sekitar pukul 13.00 WIB. Dibawah guyuran hujan deras, massa yang didominasi kaum pria ini membawa berbagai perlengkapan demo antara lain spanduk, bendera dan dua unit mobil komando.

Loading...

Seorang orator dari atas mobil komando menyampaikan tiga isu nasional yang menjadi tuntutan dalam aksi demo kali ini.

Tuntutan pertama yakni, menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Kedua, Menolak Revisi UU No 13 Tahun 2003 Tentang Undang-Undang Ketenagakerjaan dan terakhir yakni Revisi PP Nomor 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan.

Walikota Batam sekaligus Kepala BP Batam, Rudi, beserta Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo serta anggota DPRD Batam menjumpai massa aksi.

Aksi demo buruh dari FSPMI dan KSPSI di kantor Walikota Batam, dijaga ketat oleh polisi.

Rudi mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya melalui Dinas Ketenagakerjaan Kota Batam akan segera memanggil para pengusaha yang tergabung dalam Tripartit, guna membahas Upah Minimum Sektoral (UMS). Yang mana saat ini upah sektoral ini tidak dianulir oleh para pengusaha.

Loading...

Saya akan undang para pengusaha guna membahas UMS. Kalau tidak mau datang, saya tandatangani (upah) sendiri,” ucap Walikota disambut teriakan “Hidup Rudi” dari para buruh.

Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para buruh, karena aksi demo yang dilakukan hari ini berjalan dengan tertib dan damai.

“Salut dan apresiasi saya kepada seluruh buruh, karena aksi yang dilakukan hari ini berjalan dengan lancar dan aman,” imbuhnya.

Kapolres menghimbau setelah buruh selesai melaksanakan aksi ini, diharapkan untuk segera pulang dan membubarkan diri dengan santun. Dan, apabila nantinya melakukan konvoi dijalan, harap dilakukan dengan tertib dan aman.

“Jangan lupa dipungut sampah-sampah yang berserakan, agar Kota Batam tetap selalu bersih,” pungkasnya. (sal)

Editor :

Loading...
Loading...

Sorry. No data so far.