Kamis | 21 Januari 2021 |
×

Pencarian

EKONOMI POLITIK

Di Balik Layar Lobi Tentang Pemilihan Ketua MPR

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Pemilihan pimpinan MPR periode 2019-2024 digelar malam ini. Dua nama menguat di bursa Ketua MPR, yaitu Bambang Soesatyo (Bamsoet) dari Fraksi Golkar dan Ahmad Muzani dari Fraksi Gerindra.

Kamis 3 Oktober 2019, hingga kini Bamsoet sudah mendapatkan dukungan lebih dari separuh fraksi-fraksi MPR. PDIP, Partai Golkar, Partai NasDem, PAN dan PPP memilih mendukung Bamsoet.

Loading...

Mulusnya langkah Bamsoet itu tak dipungkiri hasil dari lobi-lobi makan siang ala Golkar. Ketua Fraksi Golkar MPR Zainudin Amali membenarkan Golkar mengundang para pimpinan fraksi untuk makan siang.

Dia menyebut pertemuan itu untuk menyamakan persepsi pemilihan Ketua MPR perlu dicapai dengan musyawarah mufakat.

“Kita ini mau menyamakan persepsi kita khusus untuk pemilihan pimpinan MPR kita mau dengan cara bermusyawarah dulu. Kan itu sistem demokrasi kita, sistem demokrasi Pancasila itu kan gitu, mendahulukan musyawarah mufakat. Dalam rangka itu kemudian saya mengundang fraksi-fraksi yang ada di MPR,” ujar Amali, Rabu 2 Oktober 2019.

Sementara itu, Ahmad Muzani diketahui baru mendapat dukungan dari partainya sendiri. Tiga partai lainnya, yaitu PKB, PKS, dan Partai Demokrat belum bersikap. Fraksi dari kelompok DPD ingin agar perwakilannya, Fadel Muhammad ikut menjadi kandidat sebagai Ketua MPR, namun para senator masih membuka kemungkinan untuk lobi-lobi.

Loading...

Lobi-lobi terus dilakukan Gerindra. Anggota DPR F-Gerindra Andre Rosiade mengatakan Gerindra telah melakukan lobi-lobi ke semua partai, termasuk kelompok DPD.

“Gerindra sudah berkomunikasi dengan seluruh partai yang ada, seluruh fraksi termasuk kelompok DPD baik oleh pimpinan fraksi pimpinan partai dan orang-orang yang ditugasi oleh partai. Komunikasi berjalan dan intens,” kata Andre, Kamis 3 Oktober 2019.

Gerindra pun tak gentar dan siap tarung meski voting dilakukan.

“Kita tetap akan maju. Walaupun voting kita akan maju,” ujar Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Kamis 3 Oktober 2019. (***)

sumber : detik.com

Loading...
Loading...