Rabu | 16 Oktober 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku tuk Walikota dan Wakil Walikota Batam

BATAM

DPRD Batam Jadi Referensi Tim Pansus Pembahasan Tatib DPRD Inhil

Kamis | 10 Oktober 2019 | 8:57

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Kantor DPRD Kota Batam menerima Kunjungan Kerja (Kunker) dari pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau. Kunker kali ini dalam rangka study banding mengenai tata tertib dan tata beracara Badan Kehormatan DPRD.

Sebanyak 25 orang anggota DPRD Inhil yang masuk sebagai Tim Pansus I dan Pansus III ikut dalam kunker kali ini. Pertemuan dilaksanakan diruang rapat serbaguna DPRD Kota Batam, Rabu, 9 Oktober 2019.

Kedatangan rombongan anggota dewan ini diterima oleh Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, Ruslan Ali Wasyim yang didampingi oleh anggota dewan dari Komisi IV, Aman dan anggota dewan dari Komisi I, Siti Nurlaila.

Politisi dari Partai PKB, Aman bertindak sebagai pimpinan rapat. Dalam sambutannya, Aman menyampaikan ucapan selamat datang sekaligus permohonan maafnya mewakili pimpinan DPRD Batam yang berhalangan hadir.

“Saya ucapkan selamat datang di Batam sekaligus permohonan maaf mewakili unsur pimpinan DPRD Batam yang saat ini sedang berada diluar kota,” ujarnya.

Aman menjelaskan, DPRD Kota Batam saat ini sudah menyelesaikan pembahasan tatib DPRD Kota Batam pada tanggal 18 September 2019 lalu, yang merupakan revisi dari tatib sebelumnya yaitu Peraturan DPRD Batam nomor 2 Tahun 2018.

Ada dua hal mendasar yang menjadi pokok pembahasan dalam tatib tersebut. Pertama pembahasan revisi PP nomor 12 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tatib dprd provinsi dan dprd kabupaten/kota.

Didalam PP tersebut ada beberapa pasal yang sangat krusial, salah satunya terkait dengan Rencana Kerja (Renja) DPRD.

“Jika sebelumnya Renja ini tidak wajib. Nah, sekarang di PP nomor 12 ini mengatur tentang hal itu,” imbuhnya.

Hal mendasar yang kedua yakni, terkait dengan batas maksimal atau periodeisasi dari keanggotaan Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Musyawarah (Bamus) DPRD.

“Kedua hal mendasar itulah yang menjadi alasan teman-teman di DPRD Inhil belajar ke Batam,” pungkasnya. (sal).

Editor :