Rabu | 16 Oktober 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku tuk Bupati dan Wakil Bupati Natuna

NATUNA

Hamid Termotivasi Jadikan Natuna Daerah Perbatasan Bebas Sampah Plastik

Selasa | 08 Oktober 2019 | 18:42

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – “Jadikan laut sebagai beranda depan”. Semboyan tersebut sering diutarakan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti, khususnya ketika ia mengunjungi Kepulauan Natuna.

Bukan tanpa alasan menteri nyentrik tersebut menggelorakan semboyan demikian. Menurutnya sebagai bangsa maritim, masa depan Indonesia bergantung dari laut.

Sebagai daerah kepulauan, kabupaten Natuna memiliki geografis 99 persen lautan, dan hanya 1 persen daratan.

Dengan demikian banyak penduduk yang bekerja sebagai nelayan dan tinggal di daerah pesisir, terutama bagi mereka yang tinggal di pulau-pulau sekitarnya.

Sayangnya, karena dapur rumah warga menghadap ke laut, sampah rumah tangga juga turut dibuang ke laut.

Tak hanya di Natuna, masalah ini pun terjadi di daerah lain di Indonesia. Berangkat dari situlah, Menteri Susi mulai menyemboyankan, “Laut sebagai beranda depan”.

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal , pun telah menyadari laut sangat penting bagi kehidupan masyarakatnya. Maka dari itu Ia termotivasi untuk membuat Natuna terbebas dari masalah sampah plastik.

“Saya menghimbau untuk tidak membuang sampah plastik ke laut. Laut ini ladang ekonomi kita ,jadi kita jaga jangan sampai laut kita banyak sampah, takutnya nanti ikan dan karang kita mati,” pesan Hamid, saat membuka acara Seminar Geopark Natuna, Selasa 8 Oktober 2019,di Gedung Sri Srindit, Ranai.

Tak ingin dianggap hanya wacana, Kepada awak Media Natuna, Hamid mengatakan Dalam waktu dekat dirinya akan mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) pelarangan pembuangan sampah ke laut terutama sampah plastik.

“Nanti kita akan buat perbupnya, di Natuna tidak boleh buang sampah di laut terutama sampah plastik, kalau Perda kan lama prosesnya, jadi biar cepat kita action pakai Perbup dulu,” kata Hamid.

Selain Perbup pelarangan membuang sampah ke laut, saat kunjungan Duta Besar Amerika ke Natuna pada Tahun 2018 lalu, dikatakan Bupati Natuna, Pemda juga akan membuat Perda bagi rumah yang berada di pesisir, agar beranda rumahnya menghadap ke laut.

Hal ini bertujuan untuk membiasakan masyarakat menganggap laut sebagai beranda depan yang harus selalu dijaga kebersihannya. (alfian)

Editor :