Sabtu | 16 Januari 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Hari Batik Nasional Ratusan Siswa SD Assalaam Ikut Membatik

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Para siswa SD Assalaam memperingati Hari Batik Nasional dengan belajar membuat pola batik. Sedangkan guru belajar membatik dengan memakai alat canting dan tinta dari “malam”, Rabu 2 Oktober 2019.

Para siswa memenuhi aula dan halaman SD Assalaam Jln. Sasak Gantung, untuk memeriahkan Hari Batik Nasional. Siswa kelas I-IV dilatih mewarnai pola batik di atas kertas yang sudah disediakan pihak sekolah. Sedangkan untuk kelas V dan VI membuat pola batik dan mewarnainya.

Loading...

Menurut Kepala SD Assalaam, Jaenudin, para guru juga tak mau kalah beraksi dengan membuat batik memakai alat canting.

“Pihak sekolah membeli alat untuk membatik lengkap sehingga para guru bisa belajar membatik. Ternyata belajar membatik itu mengasyikkan,” ucapnya kepada pewarta PR, Sarnapi.

Seorang guru, Almafatri mengatakan, dari kuliah IKIP Padang, Sumatera Barat, sudah belajar membatik.

“Paling susah membatik soal pewarna batik untuk canting. Pewarna untuk canting merupakan pewarna dingin dengan harga mahal sampai Rp 250.000 per sendok. Tak heran harga batik tangan sangat mahal,” ucapnya.

Loading...

Akhirnya para guru hanya belajar membuat pola batik dengan canting, tapi tidak diwarnai.

Pewarna batik yang murah dengan wantek, tapi hasilnya beda dengan motif beda pula. Kalau mau murah lagi dengan cap, tapi kita harus buat capnya dulu,” katanya.

Siswa kelas IV-C, Azahra Cinta mengatakan, dengan teman-teman berlatih mewarnai pola batik yang berbentuk kupu-kupu dan dedaunan.

“Tapi Cinta belum selesai mewarnai sehingga nanti mau dilanjutkan di rumah. Senang lah dilatih mewarnai gambar batik,” ujarnya.

Siswa lainnya, Syariefah Fayla Shova Zahratinnisa Alaydrus, ketika ditanya masalah Hari Batik Nasional mampu menjawabnya dengan benar.

“Fayla diberitahu bapak dan ibu guru soal batik tiap 2 Oktober. Katanya sih untuk mencintai budaya dan melestarikan batik,” katanya.

Fayla yang pintar Bahasa Inggris ini mengatakan, tak susah mewarnai gambar batik asalkan mau belajar.

“Inginnya sih belajar membatik dengan at canting, tapi kata pak guru lainnya sudah habis dipakai guru untuk belajar membatik,” katanya. (***)

sumber : galamedianews.com

Loading...
Loading...