Selasa | 19 Januari 2021 |
×

Pencarian

HIBURAN

Kardigan Kurt Cobain Laku Rp 4,6 M

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Luar biasa, kardigan milik vokalis Nivana, Kurt Cobain, saat tampil pada MTV “Unplugged”, terjual seharga USD 334.000 atau sekitar Rp 4,6 miliar, melalui rumah lelang di New York, Amerika Serikat. Padahal, baju hangat warna hijau tersebut salah satu bagiannya bolong karena bara rokok.

“Kardigan itu bagaikan cawan suci dari semua pakaian yang pernah dia kenakan,” kata Darren Julien, CEO dan presiden Rumah Lelang Julien.

Loading...

Kardigan bermerek Manhattan yang bolong dan tidak pernah dicuci sejak dipakai Cobain itu dijual oleh pemilik sebelumnya, Garrett Kletjian dari Forty7 Motorsports, setelah berhasil memilikinya dengan harga USD 137.500 pada 2015.

Kurt Cobain, vokalis grup ‘grunge’ rock Nirvana saat tampil di acara MTV Music Awards, Los Angeles (September 1992). Hingga saat ini polisi mempercayai kematian Kurt Cobain karena bunuh diri. REUTERS/Lee Celano

“Kurt menciptakan tampilan grunge. Dia tidak memakai pakaian khusus untuk pertunjukan,” ujar Julien.

Julien tidak menyangka bahwa pakaian ikonik itu bisa laku di atas harga taksiran awal, yakni USD 200.000-300.000. Pertunjukan Cobain bersama Nirvana pada MTV “Unplugged” 1993 diklaim menjadi salah satu penampilan paling fenomenal sehingga direkam untuk sebuah album pada enam bulan sebelum vokalis itu bunuh diri pada 1994.

Loading...

Sebelumnya, gitar Fender Mustang kidal milik Cobain yang dipakai untuk tur “In Utero” juga terjual USD 340.000. (***)

sumber : tempo.co

Loading...
Loading...