Sabtu | 13 Agustus 2022 |
×

Pencarian

KUANSING

Komisi B DPRD Kuansing Sidak PT TAL Setelah Terima Laporan Masyarakat

MEDIAKEPRI.CO.ID, Taluk Kuantan – Komisi B DPRD Kuantan Singingi (Kuansing) melakukan Inspeksi mendadak (sidak) ke PT Tamora Agro Lestari (TAL), Rabu, 23 Oktober 2019.

Wakil Ketua (Waka) I DPRD Kuansing, Zulhendri didampingi Ketua Komisi B DPRD Kuansing, Muslim bersama 10 anggota DPRD Kuansing mendatangi perusahaan yang terletak di Desa Serosah, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuansing.

Kedatangan wakil rakyat ini setelah mendapat laporanĀ  dari masyarakat tentang sejumlah persoalan, diantaranya harga TBS (Tandan Buah Segar), limbah perusahaan, jalan yang rusak dan dana commodity development (CD).

Mendapat laporan ini, Komisi B DPRD Kuansing tidak akan main main terhadap persoalan maupun permasalahan yang terjadi di lingkungan perusahaan dan masyarakat.

Zulhendri didampingi anggota Komisi B DPRD, Asrori Analke Apas menjelaskan sidak Komisi B DPRD Kuansing ke PT TAL Berdasarkan laporan masyarakat.

Waka I DPRD Kuansing dan Komisi B DPRD Kuansing melakukan sidak ke PT PAL

“Jadi harus sama antara harga TBS dari masyarakat tempatan dengan warga luar. Jangan ada lagi perbedaan harga antara masyarakat tempatan dengan masyarakat luar,” kata Zulhendri singkat.

Lebih lanjut Zulhendri menjelaskan soal pembuangan instalasi akhir limbah yang terdapat 11 kolam, terdapat pada kolam 1 sampai 4 diketahui Lay Out (tak ada) dan tidak ada sedimentasi pembuangan dan juga ada By Pas.

” kita melihat tanaman Enceng gondok yang terdapat di kolam. tidak bisa hidup, bagaimana biasa diair kolam yang bersih, kemudian, pembuangan limbah tidak jelas, dan terdapat by pas di antara kolam,” Zulhendri memaparkan

Sedangkan soal tenaga kerja, menurut laporan Humas PT. TAL Zulhendri didampingi bagian pemasaran Bambang mengatakan bahwa jumlah naker lokal (Kuansing) mencapai 70 persen dari total naker yang ada di perusahaan tersebut.

Untuk Community Development (CD) sejak Januari sampai september 2019, sudah mengeluarkan dana sebesar RpĀ 420 Juta. Yang terbagi masyarakat tempatan, Suku, Sekolah TK, Jalan Semenisasi, Mesjid dan lain lain.

Waka I DPRD Kuansing dan Komisi B DPRD Kuansing melakukan sidak ke PT PAL

Namun yang perlu jadi catatan, kata Zulhendri, perlu ada sharing budget antara perusahaan dengan Pemkab Kuansing. Sebab, Daya tahan jalan hanya sekitar 15 sampai 35 ton, sementara tonase kenderaan yang melintasi daerah tersebut sekitar 40 Ton.

” Kita inginkan pihak PT TAL ini, membangun jalan seperti PT RAPP lakukan,” ucap Zulhendri

Kita berharap dinas DLH melakukan pengaturan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.

“Jika kunjungan ke pabrik 3 bulan sekali, ya lakukan, dan kita akan menjadwalkan untuk melakukan sidak ke seluruh perusahaan yang ada di Kuansing. Kita ingin perusahaan yang ada, memberikan kesejahteraan kepada masyarakat kita. Tak ingin kita keluar dari situ,” pinta Waka 1 DPRD Kuansing. (depriandi)