Rabu | 16 Oktober 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku tuk Bupati dan Wakil Bupati Natuna

NATUNA

Meski Diresmikan, Menteri KP Sebut SKPT Natuna Belum Sempurna

Senin | 07 Oktober 2019 | 22:27

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, meresmikan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Natuna, Senin 7 Oktober 2019.

Meski demikian, Susi merasa SKPT Natuna belum seratus persen sempurna. Menurutnya masih banyak Pekerjaan rumah untuk menghidupkan fasilitas tersebut agar berguna bagi Natuna dan Indonesia.

“Untuk menghidupkan SKPT perlu disiplin dari seluruh stakeholder, perdagangan perikanan segera dikonsolidasi terutama yang kapal besar jangan ada dagang di tengah laut dan sembunyi-sembunyi, semua laporan harus transparan,” ujar Susi.

Menteri Susi pun mendukung kebijakan Pemda Natuna yang menetapkan perikanan dan pariwisata sebagai sektor unggulan. Maka dari itu ia meminta Bupati Natuna untuk mensiasati agar Tempat Pelelangan Ikan di SKPT dapat memberi kontribusi bagi PAD Natuna.

“Saya minta Bupati realisasi, kita punya kapal ijin pusat 600 kapal, apabila mereka bisa mendarat disini, melakukan pendaratan dan pelelangan ikan disini, daerah bisa memungut retribusi untuk tingkatkan PAD,” kata Susi.

Namun, Menteri Susi juga mengimbau agar para nelayan dan pengusaha perikanan tidak menangkap ikan menggunakan alat dan bahan tak ramah lingkungan.

“Pastikan tidak ada yang gunakan bom dan potas, kita akan turun sampai bawah kita sisir semua. kita rasakan sekarang ikan banyak, saya minta pengusaha dan nelayan ikan hidup jangan menangkap ikan yang tak sesuai aturan biar ikan ga abis,” pesan Susi.

Menteri yang hobi olahraga paddling ini juga mengancam, jika nelayan atau pengusaha ikan hidup masih menggunakan cara tak ramah lingkungan, dirinya akan mensetop ijin eksport ikan hidup.

Di akhir sambutannya, Menteri Susi pun berharap kedepan melalui SKPT Selat Lampa, Natuna bisa mengeskpor langsung ikan ke luar negeri.

“Saya harap setelah diresmikan, kita bisa ekspor kontainer berangkat dari lampa, saya akan kejar Menteri Perhubungan untuk membangun pelabuhan besar. jadi dari Natuna bisa langsung keluar, dan saya juga harap pembangunan ini bisa berguna bagi masyarakat, pemerintah dan bangsa ini,” ujar Susi.

Selain meresmikan SKPT Selat Lampa, Menteri Susi dan rombongan juga melakukan pelepasan perdana ekspor gurita dari SKPT Natuna ke Jepang. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan menyaksikan penenggelaman Kapal Ilegal Fishing. (alfian)

Editor :