Rabu | 16 Oktober 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku tuk Bupati dan Wakil Bupati Natuna

NATUNA

Sekda: Diklat Agar SDM Natuna Tak Jadi Penonton di Negeri Sendiri

Kamis | 03 Oktober 2019 | 15:40

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna, Wan Siswandi, membuka Diklat keterampilan Bahasa Inggris bagi pemandu wisata di Gedung Balai Latihan Kerja, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Natuna, Kamis 3 Oktober 2019.

Kegiatan Diklat tersebut diikuti oleh 16 peserta dari para penggiat wisata Natuna. Giat tersebut diinisiasi Disnakertran Natuna yang bekerjasama dengan Choice English Course dari Kediri, Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Wan Siswandi mengucapkan terimakasih kepada Disnakertrans Natuna yang menggelar Diklat tersebut. menurutnya pelatihan keterampilan berbahasa inggris sangat diperlukan sebagaiman mengikuti perkembangan kepariwisataan daerah yang mulai dilirik wisatawan nasional dan mancanegara.

tampak OPD, peserta dan tamu yang menghadiri acara pembukaan Diklat

“Dengan geografi wilayah kelautan sangat pas kita kembangkan pariwisata bahari, kita juga telah menggelar event wisata Internasional , maka dari itu kita perlu pemandu wisata,” Ujar Wan Sis sapaan akrab Sekda Natuna ini.

Wan Sis pun meminta agara para peserta Diklat dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya, mengingat kesempatan tersebut mendapat antusias yang cukup besar namun terbatas pesertanya.

“Ini hrs diikuti dengan baik karena banyak yg mau ikut tapi belum bisa. kalau tidak dimanfaatkan dengan baik tidak ada gunannya giat ini,” pesan Wan Sis.

Menurut Mantan Kepala Dinas Perhubungan Natuna ini, Pemkab Natuna selalu mendukung kegiatan kepariwisataan Natuna, hal tersebut dilakukan agar Sumber Daya Manusia Natuna dapat bersaing dengan daerah lain.

Sekda Natuna secara simbolis menyerahkan kartu Asuransi BPJS Ketenagakerjaan bagi peserta diklat

“Kita pemda mendukung kegiaan ini tujuannnya untuk wisata kedepan,tujuannya agar kita tidak jadi penonton di negeri sendiri,” ujar Wan Sis.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Natuna, Hussyaini, dalam laporannya mengatakan pelatihan dimaksudkan untuk membekali dan meningkatkan kemampuan peserta sebagai pemandu wisata, khususnya di Kabupaten Natuna.

“Diklat ini sangat penting, karena Natuna sudah didaulat sebagai Geopark Nasional, serta dalam perjalanan menuju Geopark Unesco. Saya berharap para peserta mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya, sampai selesai,” ucap Hussyaini.

Hussyaini menerangkan, Diklat akan dilaksanakan selama dua bulan, mulai tanggal 03 Oktober – 02 Desember 2019. Peserta berjumlah 16 orang (6 pria dan 10 perempuan), merupakan penggiat-penggiat wisata di Natuna.

Sekda Natuna memakaikan kartu tanda Peserta diklat

Adapun metode pembelajaran diterapkan dalam Diklat ini, yakni belajar mengajar orang dewasa (andragogy) dipadukan dengan ceramah, pendalaman materi berupa VOCABULARY (kosa kata), SHORT EXPRESSION (ekspresi pendek), IDIOMS (idiom), SPEAKING (berbicara), GRAMMAR FOR SPEAKING (Tata Bahasa untuk berbicara), serta diskusi dan langsung tanya jawab dan praktek.

Peserta yang mengikuti pelatihan diasuransikan selama pelaksanaan pelatihan berlangsung oleh BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Natuna. Tutornya terdiri dari 2 orang, Mr.Slamet Rahardjo dan Miss Bentari Dwi Jannah. (alfian)

Editor :