Jumat | 04 Desember 2020 |
×

Pencarian

BATAM

Akibat Tanah Amblas, Sebuah Kontainer Nyaris Terguling

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Sebuah kontainer yang bermuatan barang-barang interior seperti keramik, kusen pintu dan meja-meja milik hotel eks Allium yang berada dibilangan Jodoh, Kamis, 14 November 2019 sore, dalam kondisi miring dan nyaris terjatuh ke jalan.

Tanah atau aspal tempat diletakkannya kontainer yang syarat muatan tersebut mengalami amblas pada sisi kanan bagian depan. Karena tidak kuat menahan beban yang ada diatasnya, ditambah kondisi tanahnya yang baru habis diguyur hujan mengakibatkan kontainer tersebut miring ketengah jalan.

Loading...

Kuat dugaan tanah atau aspal yang berada di Garis Sempadan Jalan (GSJ) di daerah Jodoh, berada persis diatas Box Culvert atau gorong-gorong cor yang berfungsi untuk mengalirkan air (air limbah, irigasi, air hujan) yang melewati bawah jalan.

Dari pantauan tim mediakepri.co.id di lokasi kejadian, tampak beberapa petugas kepolisian sibuk mengatur lalulintas jalan agar tidak terjadi kemacetan panjang, karena kondisi jalan disaat itu masuk dalam jam-jam padat dilalui oleh kendaraan.

Anggota BM Satlantas Polresta Barelang, Brigadir Koko Satria saat dilokasi kejadian mengatakan, pihaknya langsung mengambil langkah cepat antisipasi kemacetan dengan menutup arus jalan dari arah dalam Nagoya menuju kearah lampu merah Mc Donald Jodoh.

“Untuk evakuasinya dilakukan dengan menggunakan mobil crane oleh pihak ekspedisi. Atas kejadiannya tersebut, negatif ada korban jiwa,” ujarnya.

Loading...

Sementara itu, saat tim mediakepri.co.id mencoba mengkonfirmasi ke pihak hotel, diketahui pengerjaan interior hotel eks Allium dikerjakan oleh PT Puspa Graha Utama (PGU).

Dedi perwakilan dari PT PGU mengatakan, selama ini pihaknya ketika memasukkan barang-barang keperluan hotel, tidak ada terjadi masalah dalam memasukan barang (loading). Na’as dialami pihaknya, kontainer yang baru saja terparkir dan akan dilakukan pembongkaran oleh buruh panggul, kontainer tersebut amblas dan nyaris terbalik.

“Kejadian ini merupakan musibah yang tak disangka-sangka. Kami tidak tahu kalau lokasi tempat parkir kontainer itu, berada persis diatas Box Culvert atau gorong-gorong cor,” tuturnya.

Dijelaskannya, pada saat ekspedisi yang membawa barang-barang milik perusahannya mau parkir, kondisi bahu jalan persis didepan gerai oleh-oleh Sang Pisang milik anak Presiden Jokowi, Kaesang, kondisinya lagi banyak mobil-mobil yang parkir. Sehingga memaksa kontainer tersebut parkir agak kedepan.

“Saat itu banyak mobil-mobil yang sedang parkir dibahu jalan, jadi kami mengalihkannya agak kedepan. Ternyata tanah tersebut amblas,”

Atas kejadian tersebut, pihaknya segera akan mengajukan surat kepada instansi terkait, guna untuk dilakukan perbaikan.

“Jika tidak segera diperbaiki, dikuatirkan tanah tersebut akan semakin besar amblasnya dan bisa-bisa nantinya akan memakan korban jiwa,” tutupnya. (sal)

Loading...
Loading...