Rabu | 27 Januari 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Kesal dengan Serangga yang Keluar Masuk Rumah? Nih Tips Ampuh Mengusirnya

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Cara ampuh usir serangga di rumah banyak dicari oleh orang. Kedatangan serangga dalam rumah memang terkadang sangat mengganggu. Tidak hanya itu kehadirannya juga dapat membuat rumah Anda menjadi kurang bersih.

Untuk membasmi biasanya menggunakan obat pembasmi serangga seperti obat nyamuk. Obat pembasmi serangga memang tidak susah didapatkan karena dijual bebas di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Loading...

Akan tetapi obat tersebut mengandung bahan kimia di dalamnya yang bisa membahayakan kesehatan, apalagi ketika tidak sengaja menghirup formulanya. Sebaiknya Anda mulai memikirkan kembali untuk menggunakan obat pembasmi serangga karena kandungan bahan kimia di dalamnya sangat tinggi. Karena ternyata kita dapat mengganti bahan yang alami untuk mengusir serangga.

Berikut rangkuman cara ampuh usir serangga di rumah:

Cara usir serangga dengan Garam

Bahan yang biasa digunakan dalam masakan ini ternyata dapat membantu Anda mengusir serangga. Terbukti dari hal sepele yaitu makanan cita rasa asin dan bergaram tinggi tidak mengundang datangnya lalat.

Loading...

Nah jika Anda ingin rumah Anda bebas dari serangga, garam bisa Anda jadikan solusi dengan menyemprotkan air garam pada daerah yang rawan didatangi serangga seperti tempat sampah. Garam juga dapat Anda gunakan sebagai campuran ketika sedang mengepel lantai, membersihkan dan mengelap meja.

Kulit Jeruk

Kulit buah yang satu ini memiliki aroma yang tidak disukai oleh serangga. Anda bisa menggunakan kulit jeruk ini dari jenis jeruk apa saja. Mulai dari jeruk lemon, jeruk nipis dan jeruk lainnya ini ampuh mencegah datangnya serangga ke rumah Anda.

Jika Anda ingin melakukan cara ini cukup letakkan kulit jeruk di sekitar rumah Anda seperti di bagian pintu, jendela maupun bagian rumah lainnya yang memungkinkan serangga dapat masuk. Jangan lupa untuk mengganti kulit jeruknya setiap 48 jam.

Minyak Atsiri

Mengusir serangga dengan menggunakan minyak atsiri juga bisa Anda coba di rumah Anda. Minyak atsiri merupakan aroma alami yang dikeluarkan oleh tanaman tertentu. Bahan yang terkandung minyak atsiri adalah jeruk, bunga lavender, daun sirih, serai, bawang merah dan putih. Itu merupakan contoh kecil dari banyaknya tanaman herbal dengan kandungan minyak atsiri. Anda bisa lakukan penempatan bahan tersebut pada daerah rawan serangga di sekitar rumah Anda.

Jaga Kebersihan Rumah

Serangga datang disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu adalah rumah yang kotor. Nah untuk itu Anda harus memastikan kebersihan rumah. Anda harus menjaganya jika rumah sudah mulai kotor. Sudut rumah yang rawan kotor adalah bawah tempat tidur, di atas lemari baju. Jangan lupa untuk selalu membersihkan sarang laba-laba yang biasa muncul di sudut rumah Anda.

Obat Anti-Hama Alami

Anda dapat membuat ramuan obat anti-hama secara alami untuk mengusir serangga yang ada di rumah. Caranya adalah dengan mencampurkan cuka sari apel, sabun cair, lada dan minyak. Semprotkan di daerah rumah Anda yang rawan serangga seperti jendela, pintu. (***)

sumber: merdeka.com

Loading...
Loading...