Rabu | 13 November 2019 |
×

Pencarian

HARI INI SEJARAH

Lakalantas Paling Mematikan di Dunia, 3.000 Orang Tewas di Terowongan Salang

Minggu | 03 November 2019 | 1:04

MEDIAKEPRI.CO.ID – Kebakaran Terowongan Salang kemungkinan menjadi kecelakaan lalu lintas paling mematikan di dunia sekaligus salah satu kebakaran paling mematikan di zaman modern.

Kejadian yang terjadi pada 3 November 1982 menelan korban tewas dalam kecelakaan ini diperkirakan mencapai 3.000 orang, namun kemudian direvisi berkali-kali.

Terowongan Salang yang dibuat di Salang Pass yang terkenal atau juga dikenal dengan Kotal-e Salang, untuk jalur lalu lintas kendaraan bermotor.

Terowongan ini dibangun oleh insinyur Uni Soviet dan menjadi jalur lalu lintas utama di Pegunungan Hindu Kush yang memisahkan Afghanistan utara dan selatan.

Sangat sedikit fakta yang tersedia terkait kebakaran ini. Bahkan semua informasi yang jumlahnya sangat sedikit itu lebih banyak yang merupakan desas-desus, sebagian karena Uni Soviet cenderung tak mengungkapkan kerugian mereka selama perang.

Menurut versi Uni Soviet, kecelakaan terjadi saat dua konvoi militer bertabrakan di dalam Terowongan Salang dan menyebabkan kemacetan lalu lintas. Tidak ada kebakaran atau ledakan, namun 64 tentara Soviet dan 112 orang Afghanistan dilaporkan tewas akibat karbon monoksida.

Sedangkan laporan lain dari seorang musafir yang melewati wilayah tersebut menyebutkan versi yang sangat berbeda. Sebuah tanker bahan bakar dalam konvoi militer disebutkan meledak, yang menurut klaim Sovietmerupakan kecelakaan sedangkan menurut kelompok Mujahidin merupakan akibat serangan yang berhasil.

Ledakan di dalam Terowongan Salang itu mengakibatkan reaksi berantai. Banyak pengemudi mobil, truk dan bus yang tetap masuk ke dalam terowongan akhirnya terjebak, karena pasukan Soviet langsung menutup kedua pintu terowongan dengan tank karena khawatir ledakan itu akibat serangan pemberontak. (wikipedia.org)

Editor :