Selasa | 19 Januari 2021 |
×

Pencarian

KUANSING

Menuju Objek Unggulan, Bupati: Tetap Jaga Keasrian Wisata Air Panas Sungai Pinang

MEDIAKEPRI.CO.ID, Teluk Kuantan – Bupati Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Mursini menggagas pengembangan objek Wisata Air Panas, Desa Sungai Pinang, Kecamatan Hulu Kuantan di ruang rapat Bupati, Senin, 11 November 2019.

Bupati meminta kekayaan alam ini menjadi destinasi wisata unggulan Kuansing. Untuk menuju merealisasikan ini pemerintah sudah menganggarkan pembuatan turap dan perbaikan air panas Sungai Pinang sendiri.

Loading...

Anggaran ini disiapkan di Dinas PUPR tahun 2020 mendatang sebesar Rp 3 miliar. Dan PUPR masih menunggu desain dan perencanaan pembangunan dari Dinas Pariwisata Kuansing.

Untuk membahas desain pembangunan air panas, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing mengundang pihak konsultan perencana yang pengembangan objek wisata CV Cipta Rekayasa Arsitektur dihadapan Bupati Kuansing Mursini.

Bersama Sekda Dianto Mampanini, Kadis Pariwisata Indrasuandy beserta jajaran, Kabid Sumber Air Dinas PUPR Kuansing Febri, Camat Hulu Kuantan Azisma dan Kepala Desa Sungai Pinang mendengarkan langsung paparan pihak konsultan perencana CV Cipta Rekayasa Arsitektur Yusmardi terkait pembangunan pengembangan objek wisata air panas ini.

Dari paparan yang disampaikan pihak konsultan, diketahui bahwa selain akan dibangun turap dan perbaikan terhadap kolam sumur air panas yang ada, direncanakan juga akan dibangun gazebo sebanyak 10 unit, rumah tempat istirahat pengunjung serta penataan lingkungan dengan tetap mempertahan keasriannya.

Loading...

Setelah mendengarkan pihak konsultan, bupati Kuansing Mursini menyarankan agar hutan di sekitar air panas tetap dipertahankan agar keasrian lingkungan terjaga. Kemudian, disarankannya juga agar dibuat jembatan gantung (jembatan akar, red) sebagai penghubung menuju ke keseberang sungai dan tempat berfoto bagi pengunjung yang datang.

“Misalnya dengan membuat rumah pohon. Disini nanti bisa menjadi tempat orang yang ingin mengabadikan kunjungan mereka di sumur air panas tersebut,” kata bupati mencontohkan. Kemudian bupati juga menyarankan agar tempat peristirahatan bagi pengunjung nanti di pungut retribusi sebagai penambah PAD bagi Pemkab Kuansing nantinya. (r/depriandi)

Loading...
Loading...