Selasa | 21 Januari 2020 |
×

Pencarian

HARI INI SEJARAH

8 Tahun Invasi, Akhirnya Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta Hentikan Perang Irak

Minggu | 15 Desember 2019 | 13:59

MEDIAKEPRI.CO.ID – Tahun 2003, pasukan koalisi pimpinan Amerika Sarikat dan Britania Raya menduduki Irak. Hal ini dikenal dengan istilah Pendudukan Irak atau Perang Teluk III.

Bagi pasukan Amerika ini dikenal dengan nama Operasi Pembebasan Irak. Dan langkahnya dimulai dengan invasi Irak.

Loading...

Okupasi ini mengakibatkan berlanjutnya peperangan antara para pemberontak dengan pasukan koalisi. Tentara Baru Irak lalu dibentuk untuk menggantikan tentara lama Irak setelah dibubarkan oleh koalisi.

Dan diharapkan tentara baru ini akan mengambil alih tugas-tugas koalisi setelah mereka pergi dari Irak.

Sebelum invansi dilaksanakan, pemerintah Amerika Serikat dan Britania Raya menuduh Irak sedang berusaha membuat senjata pemusnah massal yang mengancam kemanan nasional mereka, koalisi, dan sekutu regional.

Pada tahun 2002, Dewan Keamanan PBB mengeluarkan Resolusi 1441 yang mewajibkan Irak untuk bekerjasama sepenuhnya dengan inspektur senjata PBB guna membuktikan bahwa Irak tidak berada dalam suatu usaha membuat senjata pemusnah massal.

Loading...

Hans Blix, pemimpin dari tim inspeksi senjata yang dikirim, mengatakan bahwa tidak ditemukan senjata pemusnah massal dan Irak telah bekerja sama dengan aktif, akan tetapi, di bawah ketentuan-ketentuan tertentu dan penundaan-penundaan.

Di antara peperangan yang terjadi antara para pemberontak, koalisi, dan tentara baru Irak, perang saudara antar kelompok mayoritas Syi’ah dan minoritas Sunni masih berlanjut sampai sekarang. Sebab dan akibat terjadinya perang ini sampai kini masih kontroversial.

Pada tanggal 15 Desember 2011, Perang Irak dinyatakan berakhir, ditandai dengan pernyataan penutupan misi militer pasukan Amerika Serikat di Irak oleh Menteri Pertahanan Amerika Serikat Leon Panetta. (wikipedia.org)

Editor :

Loading...
Loading...