Selasa | 26 Januari 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan dan Hari Perkiraan Lahir Bayi

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Untuk seorang wanita yang sedang hamil, ada banyak informasi yang memainkan peran penting dalam perkembangan kehamilan.

Satu hal yang mungkin Anda ketahui selama janji temu pertama Anda dengan dokter setelah konfirmasi kehamilan adalah tanggal perkiraan hari lahir bayi Anda.

Loading...

Biasanya, akan dilihat berdasarkan buku atau grafik medis, atau kalender kehamilan yang biasanya dihitung berdasarkan tanggal siklus menstruasi terakhir Anda dan juga kadang-kadang melihat pertumbuhan bayi dan berapa minggu kehamilan Anda.

Masa Kehamilan Bagi Manusia

Kehamilan adalah waktu ketika satu atau beberapa keturunan berkembang di dalam seorang perut wanita. Ketika hamil, kita perlu mengetahui periode menstruasi terakhir, yang biasanya disebut sebagai LMP. Masa kehamilan adalah 40 minggu dari LMP ini.

Ini akan menjadi lebih dari 9 bulan. Jika dihitung dari waktu pembuahan, maka itu akan menjadi 38 minggu. Selama delapan minggu pertama, pasca fertilisasi, istilah yang digunakan untuk anak yang sedang berkembang adalah embrio. Setelah awal delapan minggu, keturunannya disebut sebagai janin sampai sisa masa kehamilan.

Loading...

Pentingnya Pelacakan Ovulasi

Jika Anda adalah salah satu yang memantau biologis dalam tubuh manusia, maka Anda pasti akan memantau siklus menstruasi Anda juga. Permulaan menstruasi sebenarnya didasarkan pada saat Anda berovulasi. Bahkan apakah Anda hamil atau tidak juga didasarkan pada seberapa baik Anda berovulasi.

Bagi seorang wanita yang mencoba untuk hamil, melacak ovulasi dapat memainkan peran penting dalam keberhasilan hamil. Ovulasi adalah proses yang bisa memakan waktu 5 hingga 8 hari. Tubuh wanita mengandung estrogen dan progesteron (hormon kehamilan). Siklus ovulasi tergantung pada kesehatan kita secara keseluruhan dan keseimbangan hormon dalam tubuh.

Masalah dengan hormon kehamilan bisa menimbulkan masalah ketika mencoba untuk hamil. Melacak ovulasi juga efektif untuk menghindari kehamilan yang tidak direncanakan. Anda paling subur saat ovulasi. Menghindari hubungan seksual atau mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan selama periode ini dapat membantu Anda mencegah kehamilan yang tidak direncanakan. Pelacakan ovulasi juga terbukti efektif dalam mencegah kehamilan ektopik.

Menghitung Hari Perkiraan Lahir

Tanggal perkiraan lahir bayi dihitung secara matematis dengan mengurangi 3 bulan dari hari pertama LMP Anda dan kemudian menambahkan 7 hari ke tanggal ini. Ini hanya perkiraan medis. Bayi Anda bisa dilahirkan kapan saja setelah 37 minggu, kadang-kadang 38 minggu, secara alami.

Alasannya adalah bahwa kehamilan dihitung dari dua minggu sebelum Anda benar-benar hamil (yaitu dari saat siklus menstruasi baru telah dimulai untuk bulan Anda hamil). Penelitian telah menunjukkan bahwa hampir tidak hanya 1 dari 20 bayi yang benar-benar lahir pada tanggal yang ditentukan. Ini karena kehamilan normal dan sehat dapat berkisar antara 38 minggu hingga 42 minggu.

Mengapa Sistem Kalender Kehamilan Terkadang Tidak Berfungsi?

Untuk seorang wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur, kalender kehamilan akan berfungsi hampir sebagian besar waktu. Namun, jika siklus menstruasi terjadi tidak teratur, maka berbeda bagi Anda yang siklus menstruasinya tidak teratur.

Petunjuk yang dapat membantu dokter menentukan kalender kehamilan Anda adalah, ukuran rahim Anda, ultrasonografi dini, hari kehamilan, dan tinggi fundus.

Mungkinkah hari perkiraan lahir bisa berubah?

Ya, ada kemungkinan tanggal kelahiran Anda bisa berubah. Meskipun ini bukan alasan yang membuat Anda khawatir, ada berbagai faktor mengapa dokter Anda mungkin mengubah kalender kehamilan Anda. Jika menstruasi Anda tidak teratur dan kencan ultrasound awal Anda tidak aktif, maka itu dapat mengubahnya.

Alasan seperti USG pertama terjadi selama trimester kedua, kelainan tinggi fundus, tingkat abnormal protein yang disebut alpha-fetoprotein yang dibuat oleh bayi adalah beberapa alasan yang dapat mengubahnya. Bayi yang sehat terjamin jika Anda memperhatikan tanda-tanda tubuh Anda yang mungkin mengindikasikan segala bentuk kelainan kesehatan. Perawatan prenatal yang baik sangat penting sehingga ibu dan bayinya sehat selama kehamilan dan setelah melahirkan. (***)

sumber: bisnis.com

Loading...
Loading...