mediakepri
Selasa, 19 Maret 2024 |
×

Selasa, 19 Maret 2024

BATAM

Cuaca yang Tak Menentu, Pelantikan Panwascam Natuna-Anambas Tak Serentak Daerah Lain,

| Jumat | 27 Desember 2019 | 7:44 | Tidak ada komentar

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Pelantikan panitia pengawas kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Natuna dan Anambas Provinsi Kepulauan Riau tidak serentak dengan daerah lain di Indonesia. Menurut jadwal, pelantikan panwascam se-Indonesia dilaksanakan antara Ahad, 22 Desember 2019 atau Senin, 23 Desember 2019.

“Kemarin dari Natuna kirim surat ke kita, meminta untuk pengunduran waktu pelantikan. Dari Provinsi sudah meneruskan ke Jakarta, dan sudah disetujui tidak sesuai timeline. Natuna tanggal 30 (Desember), Anambas tanggal 28 (Desember),” kata Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepri, Said Abdullah Dahlawi di Batam, Senin, 23 Desember 2019.

Ia menjelaskan, proses untuk dua wilayah ini terlambat karena kondisi geografis antar kecamatan yang cukup jauh dan terpisah pulau. Sementara cuaca di akhir tahun juga membuat pelayaran lebih sulit.

“Orang mau datang susah. Jadwal kapal berbeda-beda. Maka dicari jadwal yang tepat untuk orang datang supaya bisa hadir semua,” ujarnya.

Bahkan hingga Senin masih ada satu kecamatan di Natuna yang belum melakukan seleksi panwascam, yaitu Pulau Laut. Seleksi berupa tes tertulis dan wawancara dijadwalkan pada 24 Desember. Itupun komisioner Bawaslu Kabupaten Natuna yang mendatangi lokasi.

“Teman Bawaslu Natuna yang ke Pulau Laut. Mereka naik kapal carter bukan kapal reguler yang ada,” kata dia.

Said mengatakan pada 13-17 Desember lalu ia dan komisioner lain sudah datang ke Natuna. Mereka hendak menyeberang ke Pulau Laut juga. Namun tidak bisa karena gelombang tinggi. (mediacenter.batam.go.id)