Kamis | 21 Januari 2021 |
×

Pencarian

PERISTIWA

Jika Cerah, Gerhana Mahatari Cincin Bisa Terlihat dan Ini Kota yang Akan Dilewatinya

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bandung – Gerhana matahari cincin akan melewati sejumlah wilayah di Indonesia, Kamis, 26 Desember 2019 mendatang. Fenomena ini terjadi saat matahari, bulan, dan bumi tepat segaris.

Ketika itu, piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil dibandingkan piringan matahari. Saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yakni gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Loading...

Tak hanya di Indonesia, fenomena ini juga melewati sejumlah negara lainnya. Negera tersebut di antaranya, Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, Samudra India, Singapura, Malaysia, dan Samudra Pasifik.

Sedangkan di Indonesia, tidak semua wilayah akan terlewati. Hanya ada sejumlah lokasi yang bisa digunakan sebagai tempat melihat gerhana matahari cincin dalam kondisi penuh.

Berikut daftar 25 wilayah di Indonesia yang akan dilewati gerhana matahari cincin:

Sinabang, Singkil, Sibolga, Pandan, Tarutung, Padang Sidempuan, Sipirok, Gunung Tua, Sibuhuan, Pasir Pengaraian, Dumai, Bengkalis, Siak Sri Indrapura, Selat Panjang, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Batam, Bandan Seri Bentan, Mempawah, Singkawang, Sambas, Bengkayang, Putussibau, Tanjungselor, dan Tanjungredep.

Loading...

Gerhana matahari cincin diprediksi akan dimulai pukul 12.15 WIB, berupa gerhana matahari sebagian. Pada pukul 12.17 WIB akan memasuki fase puncak. Waktu puncak tersebut adalah waktu terbaik untuk mengamati fenomena ini. Dan akan berakhir di Indonesia pada pukul 12.19 WIB.

Selain di 25 kabupaten dan kota tersebut, Gerhana Matahari Sebagian juga bisa disaksikan di beberapa wilayah di Pulau Jawa. Gerhana yang akan terlihat dari wilayah di Pulau Jawa mencapai 70-80 persen.

Sementara, daerah paling sedikit mengalami GMC yakni wilayah selatan Papua dengan 20 persen. Jika cuaca cerah, masyarakat Bandung dan Jakarta juga dapat mengamati fenomena ini. (***)

sumber: galamedanews.com

Loading...
Loading...