Rabu | 25 November 2020 |
×

Pencarian

HARI INI SEJARAH

Kerusuhan di Timisoara, Awal Keruntuhan Rezim Komunis Rumania Nicolae

MEDIAKEPRI.CO.ID – Tahun 1989, masyarakat Rumania turun ke jalan melakukan aksi demontrasi. Begitu besarnya gelombang gerakan massa ini hingga terjadi kerusuhan.

Demonstrasi besar yang dilakukan masyarakat ini dilakukan di jalanan di Timisoara. Dan tak dapat dibendung, aksi ini mengakibatkan terjadinya Revolusi Rumania.

Loading...

Dalam catatan sejarah, Revolusi Rumania 1989 adalah suatu kerusuhan yang berlangsung selama seminggu. Hingga pada akhir Desember 1989, aksi ini mampu menumbangkan rezim komunis Nicolae Ceauşescu.

Pertikaian dengan kekerasan yang semakin meningkat memuncak dengan pengadilan dan eksekusi terhadap Ceauşescu dan istrinya Elena.

Rumania adalah satu-satunya negara anggota Blok Timur yang menumbangkan rezim komunisnya dengan kekerasan serta mengeksekusi pemimpinnya.

Jumlah total korban tewas pada Revolusi Rumania adalah 1.104, 162 di antaranya tewas sewaktu protes yang berujung pada penurunan Nicolae Ceauşescu (16-22 Desember 1989). Dan untuk sisanya pada pertikaian yang terjadi setelah pengambilalihan kekuasaan oleh struktur politik baru Garda Penyelamatan Nasional (Frontul Salvării Naţionale, FSN).

Loading...

Total jumlah korban luka-luka adalah 3.352, 1.107 sewaktu Ceauşescu masih memegang kekuasaan dan sisanya setelah FSN mengambil alih kekuasaan. (wikipedia.org)

Loading...
Loading...