Rabu | 20 Januari 2021 |
×

Pencarian

PERISTIWA

Nih Tips Cara Menyimpan Bawang Merah agar Awet Berminggu-minggu

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Bawang merah termasuk salah satu bumbu dapur yang wajib ada di rumah tangga Indonesia. Pasalnya hampir setiap masakan memang menggunakan bahan yang satu ini.

Bawang merah umumnya dibeli dalam jumlah banyak, kadang bahkan sampai satu kilogram untuk persediaan. Karena itulah harus disimpan dengan baik dan benar. Jika tidak, bawang merah bisa cepat busuk.

Loading...

Lalu bagaimana cara menyimpan bawang merah agar tidak cepat busuk? Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.

Cara Menyimpan Bawang Merah yang Belum Dikupas

Bawang merah yang kulitnya belum dikupas sebaiknya disimpan di tempat terbuka yang kering. Letakkan bawang merah di wadah yang berlubang-lubang atau gantung di udara terbuka. Anda juga bisa memanfaatkan besek yang terbuat dari anyaman bambu atau keranjang jaring untuk buah-buahan. Jika disimpan seperti ini, bawang merah yang belum dikupas bisa awet hingga berminggu-minggu.

Cara Menyimpan Bawang Merah yang Sudah Dikupas 1

Loading...

Jika Anda membeli bawang merah yang sudah dikupas, sebaiknya simpan di dalam lemari es. Masukkan bawang merah ke dalam wadah yang memiliki tutup rapat, kemudian simpan di dalam lemari es. Jika Anda membutuhkan bawang merah untuk memasak, ambil secukupnya saja. Kemudian masukkan kembali wadah bawang merah ke dalam lemari es.

Cara Menyimpan Bawang Merah yang Sudah Dikupas 2

Satu trik lagi yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan bawang merah kupas. Haluskan bawang merah, kemudian tumis bersama minyak secukupnya hingga matang. Setelah itu Anda bisa menyimpan bawang merah bersama minyaknya di wadah bertutup rapat. Letakkan di dalam lemari es agar lebih awet. Cara ini juga memudahkan Anda memasak. Tak perlu mengupas dan menghaluskan bawang setiap memasak. (***)

sumber: merdeka.com

Loading...
Loading...