Rabu | 27 Januari 2021 |
×

Pencarian

NATUNA

Peringatan Dini!, Typhoon Kammuri Picu Gelombang 4-6 Meter di Laut Natuna-Anambas

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika(BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang dipicu oleh badai Typhoon Kammuri 965 hPa di bagian sebelah timur Filifina.

Peringatan itu dikeluarkan sejak tanggal 2 Desember 2019. Diterangkan BMKG, Typhoon Kammuri berdampak pada tinggi gelombang di wilayah laut Natuna Utara yang diperkirakan mencapai ketinggian 4 hingga 6 meter, serta laut Anambas dan Natuna dengan ketinggian 2,5 hingga 4 meter.

Loading...

Dengan keadaan tersebut BMKG menghimbau agar masyarakat yang tinggal di daerah pesisir yang rawan terkena gelombang untuk selalu waspada. Selain itu, BMKG juga mengingatkan bagi nelayan dan kapal pelayaran untuk memperhatikan matrik angin dan gelombang laut, dan menjadikan BMKG sebagai referensi beraktifitas melaut.

Selain BMKG, Dirjen Perhubungan Laut melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan kelas II Tarempa, juga mengeluarkan surat keterangan kondisi gelombang tinggi di perairan Kepulauan Anambas dan Natuna.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Pelaksana Harian, Kantor Unit Pelabuhan Tarempa, Ferizal, diterangkan bahwa demi keselamatan pelayaran untuk itu mulai tanggal 4 Desember 2019, kapal-kapal tidak dibenarkan melakukan pelayaran dari pelabuhan Tarempa ke pelabuhan tujuan, sampai dengan dicabutnya peringatan dini tersebut oleh BMKG, dan kondisi laut dan cuaca dinyatakan aman untuk aktifitas pelayaran. (alfian)

Loading...
Loading...
Loading...