Selasa | 19 Januari 2021 |
×

Pencarian

BATAM

Warga Batam dan Wisman Antusias Saksikan Gerhana Matahari Cincin

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Masyarakat Kota Batam berbondong-bondong memadati alun-alun Engku Putri, Batam Center, guna menyaksikan secara langsung fenomena alam berupa Gerhana Matahari Cincin, Kamis, 26 Desember 2019.

Tidak hanya masyarakat Batam saja, tampak juga puluhan wisatawan mancanegara yang berasal dari Amerika, Tiongkok, New Zealand dan Canada tumpah ruah ikut menyaksikan detik-detik sejajarnya Matahari dengan Bulan.

Loading...

Dosen Sekolah Tinggi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jakarta, Hendri Subakti mengatakan Kota Batam merupakan salah satu kota di Indonesia yang bisa menyaksikan secara langsung proses Gerhana Matahari Cincin (GMC).

Dikatakannya, Gerhana Matahari Cincin (GMC) adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi. Fenomena yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan Matahari, Bumi, dan Bulan ini terjadi pada saat fase bulan baru.

Adapun wilayah yang terlewati jalur cincin pada GMC 26 Desember 2019 adalah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, Samudra India, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Samudera Pasifik.

“Golden Timenya dimulai dari jam 12,24 -12,26 WIB. Jadi dua menit itulah kita bisa melihat bulan itu masuk ke matahari, dan Gerhana cincinnya akan terlihat sempurna,” ujarnya.

Loading...

Lebih lanjut Hendri mengatakan, Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris. Dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari.

“Akibatnya, saat puncak gerhana, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya,” imbuhnya lagi. (sal)

Loading...
Loading...